PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN TERHADAP RASA NASIONALISME MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMK ALAWIYAH PASPAN, KECAMATAN GLAGAH, KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Umi Yasiroh SMK ALAWIYAH PASPAN GLAGAH
  • Roudhotul Jannah UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Keywords: gambar kartun, nasionalisme, demokrasi, mata pelajaran PKN

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media gambar kartun terhadap rasa nasionalisme mata pelajaran PKN pada siswa kelas X SMK Alawiyah. Penelitian ini merupakan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan penggunaan quasi eksperimen atau eksperimen semu yaitu metode penelitian yang menguji hipotesis berbentuk hubungan sebab-akibat melalui dan yang perlakuan dan menguji perubahan yang diakibatkan oleh perlakuan tersebut (Suharsimi Arikunto:2009). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Populasi penelitian berjumlah 60 orang siswa dan random sampling 36 orang siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi menyatakan lima aspek penilaian siswa skornya 3,23 yang berati hasilnya baik, dan hasil observasi guru menyatakan lima aspek penilaian guru skornya 3,00 yang berati hasilnya baik dan kuesioner menyatakan rata-rata skor yaitu 75 yang berati positif dengan pengujian hipotesis menggunakan anava satu jalur menyatakan Fhitung lebih besar dari Ftabel 3,35 yakni hasilnya 0,05≥4,78. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media gambar kartun terhadap rasa nasionalisme untuk membangun dan bertanggung jawab akan kesadaran pentingnya wawasan nusantara dalam konteks NKRI pada mata pelajaran PKN di kelas X TKJ SMK Alawiyah. Penggunaan media gambar kartun menambah antusias semangat siswa dalam belajar, serta nasionalisme siswa yang paling menonjol yaitu berdemokrasi yang langsung, umum, bebas  rahasia, jujur dan adil seperti dalam gambar kartun.

References

Ahmad Zainul Arifin (2013) Pemanfaatan Media Animasi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Shalat kelas V di SDN 2 Semangkak Klaten Tengah Jawa Tengah. Skripsi: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Anjayudin (2013) “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Kartun terhadap Hasil Belajar Ips pada Siswa Kelas VIII SMP Al-Amanah Setu, Tangerang Selatan Tahun 2013/2014” diakses 9 maret 2018.Pukul 11.37 WIB.
Arief S. Sudiman, dkk (2008) Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan,Jakarta:PT. Raja Grafindo
Buchari Alma (2009) Pengantar Statistika (Bandung: Alfabeta)
Gita Enggarwati (2014) UNY Penanaman Sikap Nasionalisme mata pelajaran IPS Siswa kelas IV SDN 2 Sumampi diakses pada tanggal 27 Mei 2018 pukul 01.00 http://eprints.uny.ac.id/13730/1/Skripsi_Gita%20Enggarwati_09108244016.pdfS
Jenis-Jenis kartun https://tentangkartunku.wordpress.com/2013/01/06/jenis-jenis-kartun/ diakses pada 25 April 2018 pukul 22.50
Kartun dan Seni Ilustri .Artikel diakses pada 25 April 2018 pukul 22.15
Manoy, I. S. (2016). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Soal Open-Ended Pada Metode Penugasan Disertai Pemberian Umpan Balik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika ,Volume 6 No 1, 183-190.
Suharsimi Arikunto, Dasar-dasarEvaluasiPendidikan, (Jakarta: BumiAksara, 2009)
Tri Mulyati dan Dhalia Soetopo (2017) Pengembangan media komik digital berbasis budaya lokal Banyuwangi pada mata pelajaran bahasa inggris untuk kelas VIII SMPN Kalipuro, Banyuwangi
Undang-Undang RI No. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Jakarta:CV. Mini Jaya Abadi
Wahyudi.(2015).TujuanInstruksional
http://blog.unnes.ac.id/seputarpendidikan/2015/10/19/tujuan-instruksional-umum-dan-tujuan-instruksional-khusus-pendidikan/diakses tanggal 1 Mei 2018 pukul 00.10
Published
2019-10-24
How to Cite
Umi Yasiroh, & Roudhotul Jannah. (2019). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR KARTUN TERHADAP RASA NASIONALISME MATA PELAJARAN PKN DI KELAS X SMK ALAWIYAH PASPAN, KECAMATAN GLAGAH, KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 4(1), 15-19. https://doi.org/10.36526/jppkn.v4i2.673
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)