PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DINAMIKA KEHIDUPAN BERNEGARA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI IPS 3 SEMESTER GANJIL MAN 3 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Arifatul Ainul Izza UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
  • Roudhotul Jannah UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI
Keywords: Media Video, Pebelajaran dinamika kehidupan bernegara, Minat belajar

Abstract

Media video atau audio yaitu segala sesuatu untuk membantu menyampaikan materi yang dapat dimanfaatkan dalam program pembelajaran, dan dapat memberikan pengalaman yang tidak terduga kepada siswa dengan suatu materi yang telah direkam dalam bentuk video yang dapat digunakan baik untuk proses pembelajaran tatap muka (langsung) maupun jarak jauh, dengan kemampuan itulah maka teknologi video banyak digunakan sebagai alat pembelajaran utama salah satunya pembelajaran dinamika kehidupan bernegara yaitu negara dan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video dalam pembelajaran dinamika kehidupan bernegara terhadap penggunaan media video pada minat belajar siswa mata pelajaran PKn kelas XI IPS 3 di MAN 3 Banyuwangi.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 Semester ganjil Tahun akademik 2017/2018 dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, interview dan dokumentasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan teknik analisa data yang menggunakan statistik dengan menggunakan rumus regresi ganda dua prediktor: Y=a+b1X1+b2X2. Hasil analisa data mayor bahwa Freg =11,187≥Ftabel5=3,25 menunjukkan analisa data mayor (Y) “Ada pengaruh media video dalam pembelajaran dinamika kehidupan bernegara terhadap minat belajar siswa mata pelajaran PKn kelas XI IPS 3 di MAN 3 Banyuwangi semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018â€. Dengan demikian Media video dalam pembelajaran dinamika kehidupan bernegara lebih dominan dari minat belajar siswa mata pelajaran PKn kelas XI IPS 3 di MAN 3 Banyuwangi semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018.

References

Arikunto, Suharsimi. 2005 . Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta Arsyad,Azhar.2011.http://eprints.uny.c.id/989/3/BAB%202%20- 08108244022. Pdf. Diakses tanggal 17 April 2017 Pukul 13:40
Asmani, Ma’mur Jamal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta:Laksana
Azhof.2004.http://digilib.unila.ac.id/4230/15/BAB%20III.pdf. Diakses tanggal 7 Mei 2017 Pukul 19:12
Bahri, Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka Cipta
Daryanto.2016. Media Pembelajaran. jogjakarta:Gava Media Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
─.2009.Psikologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Hadi, Sutrisno. 2003. Analisis Regresi. Yogyakarta:Andi Offset
Irawan Kagum Riska. 2014. http://eprints.ums.ac.id/33543/12.NASKAH%20P UBL IKASI.PDF. Diakses pada tanggal 15 April 2017 Pukul 14:00
Kardiman Yuyus. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga
Mahmud.2010. Psikologi Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia
Mudjiono dan Dimyati. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Muhtadi Saiful Asep.2003. Metode Penelitian Dakwah. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Poerwadarminto,Wjs.2007. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta:PN Balai Pustaka
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sukmadinata Nana, Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan: Bandung: Rem aja Rosdakarya.
Sundayana, Rostina. 2014. Statistika penelitian pendidikan. Bandung: ALFABETA
Surakhmad.1982.http://digilib.unila.ac.id/11847/12/BAB%20II.pdf. Diakses tanggal 17 April 2017 Pukul 12:33
Slameto.2003. Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta
Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Widodo,Suryo.2000.Psikologi Perkembangan. Jakarta:Ghalia Jakarta
Widyatama.2011.https://repository.wid yatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/1234 56789/3253/Bab%202.pdf. Diakses tanggal 15 April 2017 Pukul 14:30
Published
2018-04-25
How to Cite
Arifatul Ainul Izza, & Roudhotul Jannah. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PEMBELAJARAN DINAMIKA KEHIDUPAN BERNEGARA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI IPS 3 SEMESTER GANJIL MAN 3 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2017/2018. JPPKn (Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(2), 5-11. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/view/658
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)