ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN SISWA SMK NEGERI 1 TEGALSARI DENGAN METODE SERVQUAL KRITERIA GRONROOS
Abstract
Kualitas Pendidikan sangat perlu ditingkatkan secara terus menerus, tidak hanya kualitas pelayanan di perusahan profit namun juga perusahan jasa ataupun lembaga. Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa puas siswa terhadap kualitas pendidikan yang diberikan di SMK Negeri 1 Tegalsari.Penelitian ini menggunakan metode servqual kriteria Gronroos dengan enam variabel yaitu : profeisonalism and skill, attitude and behavior, accessibility and flexibility, reliability and trusworthtiness, recovery serta reputation and credibility untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan pendidikan terhadap kepuasan siswa. Responden berjumlah 89 siswa dan pengolahan data menggunakan tekhnik kuantitatif dengan bantuan SPSS 20.
Hasil penelitian dari 89 responden terdapat pengaruh kepuasanĀ 5% dari variabel profeisonalism and skill, 8,9% attitude and behavior, 12,7 accessibility and flexibility, 16% reliability and trusworthtiness, 18,4 recovery, 12% reputation and credibility dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. hasil penelitian dapat disimpulkan setiap variabel berpengaruh terhadap kepuasan siswa, artinya jika variabel tersebut nilainya dinaikkan maka kepuasan siswa akan meningkat. Secara parsial variabel recovery mempunyai nilai t hitung paling besar artinya variabel ini berpengaruh paling besar bila dibadingkan dengan lima variabel yang lain. Hasil pengolahan data diperkuat dengan wawancara dari 5 Perwakila siswa yang secara Pasrsial) maupun simultan terhadap pelayanan pendidikan yang diberikan di SMK Negeri 1 Tegalsari
References
Anggraini, Melisa dwi. 2015. Jurnal Pengaruh Kualitas Pelayanan Sekolah Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. [online] pada http://download.portalgaruda.org/article/. Diakses pada 11 Maret 2018.
Arikunto, Suharsimi, 2012. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Budiyono. 2015. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap kepuasan siswa. Tesis: Universitas Negeri Surabaya.
David , Wijaya. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat
Philip, 2002. Manajemen Pemasaran: Ana-lisis Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Milenium. PT. Prenha-lindo, Jakarta.
Mulyono, Bayu Hardiyanto. 2008. Tesis Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. [online] pada https://ejournal.undip.ac.id/index.php/ . Diakses pada 27 Maret 2018.
Sofiati, Nunung Ayu. 2016. Jurnal Pengaruh Kualitas Layanan dan Kinerja Guru Terhadap Kepuasan Peserta Didikdi SMK Angkasa Lanud Husein Sastra Negara kota Bandung. Fakultas Ekonomi Indonesia Membangun. [online] pada https://Urnalinaba.hol.es/index.php/JIM/article/download/70/75. Diakses pada 26 September 2018.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kualitatif (R&D), Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, 2012. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Penerbit Alfabeta CV.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. PT Grasindo, Jogjakarta.
Tjiptono, Fandy, 2002 Manajemen Jasa. Penerbit Andi Jogjakarta.
Wardjito, 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gresik. Tesis. Surabaya: Institut Teknik Adhi Tama.
Wijaya, Toni, 2011.Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD dan Kano disertai contoh Aplikasi dalam Kasus Penelitian, Jakarta: PT Indeks.