Rancang Bangun Monitoring Suhu Kehilangan Kontak Pada Sekunder Transformator PT PLN (Persero)

Rancang Bangun Monitoring Suhu Kehilangan Kontak Pada Sekunder Transformator PT PLN (Persero)

  • Dwi Cahyo Kurniawan Universitas PGRI Banyuwangi
  • Muh. Fainal Lawasi Universitas PGRI Banyuwangi
  • Charis Fathul Hadi Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: sensor suhu, SMS (Short Message Service) gateway, arduino

Abstract

Jumlah transformator PT PLN yang sebagian besar penempatannya pada tempat terbuka, mempercepat besi dan plat logam mengalami korosi dan terdegradasi sehingga permukaan kontaknya tidak lagi sempurna. Pada sekunder transformator yang  teraliri dengan tegangan dan arus listrik yang besar, akan terjadi disipasi panas yang berlebih karena timbul tahanan listrik pada titik koneksi sekunder transformator dengan kabel output. Hampir 75% kelainan yang dijumpai pada jaringan listrik adalah masalah koneksi. Pemantauan suhu kehilangan kontak pada koneksi sekunder tranformator merupakan upaya mengawasi kenaikan suhu pada titik koneksi sekunder transformator untuk memudahkan melakukan pemeliharaan transformator secara prediktif. Upaya ini dapat menekan gangguan akibat koneksi kehilangan kontak terutama pada sekunder transformator yang memiliki arus besar.

         Alat monitor menggunakan kendali IC ATMega 328P-PU, dengan sensor suhu DS18B20, dan pengiriman data menggunakan SIM800L berbasis SMS (Short Message Service) gateway. Menggunakan bahasa C dan C++ sebagai bahasa pemprograman dan Arduino sebagai compilerKomunikasi dapat dilakukan  dua arah, user dapat meminta data suhu pada server dan server dapat mengirim peringatan secara otomatis ketika suhu mencapai lebih dari 70°C dan mengirim peringatan kedua apabila suhu mencapai lebih dari 90°C. Hasil dari pengujian pada 30 kali percobaan dengan tingkat keberhasilan 96,67%, sehingga dapat digunakan sebagai alat monitoring suhu kehilangan kontak pada koneksi sekunder transformator.

Published
2019-10-11
How to Cite
Dwi Cahyo Kurniawan, Muh. Fainal Lawasi, & Charis Fathul Hadi. (2019). Rancang Bangun Monitoring Suhu Kehilangan Kontak Pada Sekunder Transformator PT PLN (Persero): Rancang Bangun Monitoring Suhu Kehilangan Kontak Pada Sekunder Transformator PT PLN (Persero). JOURNAL ZETROEM, 1(2), 1 - 7. https://doi.org/10.36526/ztr.v1i2.595
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)