HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

  • Grace N. Hartono Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas PGRI Banyuwangi
  • Rachmaniah M. Hariastuti Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan alat peraga dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Banyuwangi. Dengan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih pada siswa dalam materi-materi matematika. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A semester genap tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis korelasi product moment dan analisis lain sesuai indikator yang telah ditentukan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan penggunaan alat peraga dengan hasil belajar siswa dari segi kognitif. Tetapi tidak terdapat hubungan penggunaan alat peraga dengan hasil belajar siswa dari segi afektif dan psikomotor.

 

References

Jannah, Raodatul. 2011. MembuatAnakCintaMatematikadanEksakLainya.Jogjakarta: Diva Press.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: SINAR BARU ALGESINDO.

Suharjana, Agus. 2009. PemanfaatanAlatPeragaSebagai Media PembelajaranMatematika. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Sundayana, H. Rostina. 2015. Media danAlatPeragadalamPembelajaranMatematika. Bandung: Alfabeta.

SusilanadanRiyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suyono & Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2017-07-26
How to Cite
HartonoG. N., & HariastutiR. M. (2017). HUBUNGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GARIS DAN SUDUT. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/99
Section
Artikel