ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT
Abstract
Pemahaman matematis seharusnya diperoleh setiap siswa setelah terjadi proses pembelajaran matematika. Tetapi pada kenyataannya tidak setiap siswa memiliki pemahaman matematis yang cukup baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman matematis siswa terhadap materi garis dan sudut ditinjau dari perkembangan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent. Dengan mengetahui pemahaman matematis siswa diharapkan guru dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa.Penentuan subyek dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi.Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif berdasarkan indikator yang telah ditentukan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman matematis subyek dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) masih belum terlalu baik. Pemahaman tersebut secara umum mengarah pada pemahaman konsep (P1), yaitu kemampuan menyatakan dan menerapkan konsep; pemahaman mekanikal (P2), yaitu kemampuan mengingat dan menerapkan notasi, simbol, dan rumus; pemahaman instrumental (P3), yaitu kemampuan menerapkan rumus dalam perhitungan sederhana, dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik.Namun pemahaman tersebut masih belum dapat dikuasai subyek dengan baik. Pemahaman matematis subyek dengan gaya kognitif Field Independent (FI) sudah cukup baik. Pemahaman tersebut secara umum mengarah pada semua indikator pemahaman, yaitu: pemahaman konsep (P1); pemahaman mekanikal (P2); pemahaman instrumental (P3); dan pemahaman relasional (P4).
References
Lestari, Kurnia Eka Negarayudha. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Revika Aditama.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Prestasi Pustakarya.
Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Pujilestari.2012. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Siswa Kelas X SMAN 6 Mataram Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.Tesis (tidak diterbitkan). Malang: Universitas Negeri Malang.
Slameto, 2013.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. RINEKACIPTA.