METODE REWARD AND PUNISHMENT PADA PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Rizky Novalinda Universitas PGRI Palembang
  • Ali Syahbana Universitas PGRI Palembang
  • Ety Septiati Universitas PGRI Palembang
Keywords: Reward, Punishment, Probing Prompting, Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini berfokus pada upaya untuk mengetahui pengaruh metode Reward and Punishment pada pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi siswa kelas X SMK PGRI 2 Palembang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TO 4 sebanyak 31 siswa dan siswa kelas X TO 6 sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan independent sample t test dan analisis dokumen tertulis hasil tes siswa. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran Probing Prompting dengan Reward and Punishment dibandingkan dengan pembelajaran Probing Prompting tanpa Reward and Punishment.

References

Harahap, E. R. & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Edumatica, Vol. 07, No. 01, 44-54.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustika, H. & Buana, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal MES (Journal of Mathematics and Science), Vol. 2, No. 2, 30-37.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Tersedia : https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/permendiknas-no-22-tahun-2006.pdf.

Purnomo, H.& Abdi, H.K. (2012). Model Reward dan Punishment (Persfektif Pendidikan Islam). Yogyakarta: Deepublish.

Prasetyo, A.H., Prasetyo, S.A., &Agustini, F. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward dan Punishment dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 3, 402-409.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Mosharafa, Vol. 5, No. 2, 148-158.

Torner, Schoenfeld, & Reiss. (2007). Problem Solving in the Mathematics Classroom: the German Perspective. ZDM Mathematics Education (2007) 39:431–441.DOI 10.1007/s11858-007-0040-5.

Triningsih, E. (2018). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Motivasi dan Hasil Be-lajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. UIN Alauddin Makassar.

Published
2020-12-24
How to Cite
NovalindaR., SyahbanaA., & SeptiatiE. (2020). METODE REWARD AND PUNISHMENT PADA PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 259-270. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.913