ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TIPE PISA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Belitang III dalam menyelesaikan soal-soal tipe PISA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan empat indikator kemampuan berpikir kritis yaitu Interpretasi, Analisis, Evaluasi, dan Inferensi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Belitang III masih rendah dengan persentase 58,1%. Hal ini dapat dilihat dari penyelesaian soal-soal tipe PISA siswa tidak memenuhi tahap berpikir kritis terutama pada indikator interpretasi dan inferensi. Selain itu hasil persentase nilai terendah siswa untuk indikator interpretasi, analisis dan evaluasi soal nomor 3 pada konten perubahan dan hubungan, konteks pekerjaan, kompetensi refleksi dengan persentase nilai secara berturut-turut 29,03%, 25,80%, dan 25%. Hasil persentase nilai terendah siswa untuk indikator inferensi soal nomor 4 pada konten perubahan dan hubungan, konteks pribadi, kompetensi koneksi dengan persentase nilai 25%.
References
Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.417.
Arigiyati, T. A. (2017). Pengaruh Minat Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 27–35.
Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah Dalam Perspektif Multiple Intelligences. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/524
Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/337054863_Analisis_Keterampilan_Berpikir_Kritis_Tipe_Kepribadian_Thinking-Feeling_Dalam_Menyelesaikan_Soal_PISA.
Haji, S., Yumiati, & Zamzaili. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu. Pendidikan Matematika, 03(2), 177–183. http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/PISA-2012-results-japan.pdf%0Ahttp://www.oecd.org/pisa/ Data%0Ahttps://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf%0Ahttp://www.oecd.org/pisa/test/PISA 2012 items for release_ENGLISH.pdf%0Aht.
Harususilo, Y. E. (2019, December 7). Skor PISA 2018 : Daftar Peringkat Kemampuan Matematika, Berapa Rapor Indonesia? Edukasi.Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia.
Ikrimah, Rahmi, M., N., R., & Darmawan. (2017). Studi Etnomatematika di Kalangan Petani Desa Kelir Kecamatan Kalipuro. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, I(1), 50–59.
Johar, R. (2012). Domain Soal Pisa Untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30. http://jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1296.
Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058.
Kusuma, A. P., Safa’udin, M., & Rahayu, R. (2018). Eksperimentasi Model Pembelajaran TPS dan TAI terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Lingkaran. Jurnal Tecnoscienza, 3(1), 29–40.
Masrurotullaily, Hobri, &Suharto. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Jurnal Kadikma, 4(2), 129-138. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v4i2.1045.
Maysarah, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pakem di Kelas VIII MTs Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Jurnal Tarbiyah, 25(1), 125-144. https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.166.
Mustika, A. C., Lasmawan, I. W., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati Tabanan. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3), 1–11.
Nopriyanti, T.D.& Retta, A.M.(2020). Pembelajaran Berbasis Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i1.5808.
Nopriyanti, T. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa FKIP Matematika dalam Menyelesaikan Soal-soal Model PISA. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM), 773–782. https://repository.univpgri-palembang.ac.id/filePDF/SEMNAS PGRI 2016.pdf.
Novitasari, D. E. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA Konten Change and Relationships Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Puhpelem [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. In Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal- Soal PISA Konten Change And Relationships Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Puhpelem. http://eprints.ums.ac.id/62970/
Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahi Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. Journal on Education, 1(3), 9–20. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/109
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(April), 1–7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/TJ76P
Tanjung, M. S. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Jurnal Geometri, May, 0–7. https://www.researchgate.net/publication/333043650
Wijayanti, D. D., & Suparman. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK Diponegoro Depok Yogyakarta Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Integrasi Budaya, Psikologi, dan Teknologi dalam Membangun Pendidikan Karakter Melalui Matematika an Pembelajarannya”., 416–420. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/312