ANALISIS TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN MATEMATIKA

  • Nabilah Fauziah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Kecemasan, matematika, ujian matematika

Abstract

PISA menyatakan bahwa Indonesia masih tergolong rendah dalam penguasaan materi. Karena sifat matematika yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa dan menimbulkan rasa cemas pada saat berhadapan dengan matematika, baik dalam pembelajaran atau dalam menghadapi evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 23 Kabupaten Tangerang dan melibatkan 8 siswa secara acak tanpa mengetahui kemampuan awal siswa. Instrument yang digunakan untuk memperoleh adalah angket untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan siswa terhadap ujian matematika sangat rendah. Kecemasan dalam tingkat yang rendah dan sedang berpengaruh positif terhadap penampilan belajar siswa, salah satunya dapat meningkatkan motivasi belajar. Karena kecemasan yang dialami siswa dapat dijadikan stimulus yang berguna bagi siswa itu sendiri. Menanamkan rasa percaya diri kepada siswa bahwa mereka bisa memahami dan menyelesaikan persoalan matematika serta menghilangkan prasangka negatif mengenai pelajaran matematika.

Author Biography

Heni Pujiastuti, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

FKIP

References

Agustina, S., Santoso, E., Jatisunda, M. G., & Majalengka, U. (2019). Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Auditory. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 635–640.

Anfus, N. (2019). Perbandingan Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika Antara Siswa SMP dan MTs. Pediamatika: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 01(01), 77–90.

Handayani, S. D. (2016). Pengaruh Konsep Diri Dan Kecemasan Siswa. Jurnal Formatif, 6(1), 23–34.

Indiyani, N. E., & Listiara, A. (2006). Efektivitas Metode Pembelajaran Gotong Royong (Cooperative Learning) Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Pelajaran Matematika (Suatu studi Eksperimental pada Siswa di SMP 26 Semarang). Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, 3(1), 10–28.

Nofrialdi, I. (2018). Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kerinci Kelas X MIA Sebelum Menghadapi Tes Matematika Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(November), 11–20.

Novferma, N. (2016). Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87.

Novikasari, I. (2016). Hubungan Antara Prestasi Belajar Dan Tingkat Kecemasan Matematika Pada Mahasiswa Calon Guru SD/MI. 5(2), 120–127.

Nurlaila, S. (2011). Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Siswa-Siswi Yang Akan Menghadapi Ujian Akhir Nasional.Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1.

Ramadan, D. (2019). Kecemasan Siswa Dalam Belajar Matematika. (May). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/333076983

Sakarti, H. (2018). Hubungan kecemasan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains (JPIS), 7(1), 28–41.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Etnomatematika Untuk Menurunkan Kecemasan Matematika. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 16–23.

Wagetama. I, D., Dariyo, A., & Basaria, D. (2014). Hubungan Antara Kecemasan Matematika Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma X Kota Palangka Raya. 556–568.

Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Prosiding, 9(4), 90–94.

Zahro, Y. A., & Purwaningsih, D. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Mengerjakan Soal Ujian Nasional.5(2), 169–186.

Published
2020-06-26
How to Cite
FauziahN., & PujiastutiH. (2020). ANALISIS TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN MATEMATIKA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179-188. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872