KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN
Abstract
Snowball Throwing merupakan salah satu model pembelajaran yang mengarahkan kegiatan pembelajaran pada aktivitas siswa. Penerapan model Snowball Throwing dalam pembelajaran yang didukung dengan lembar kegiatan siswa diharapkan dapat membantu siswa mencapai ketuntasan belajar dalam pembelajaran matematika, khususnya materi segiempat. Responden penelitian adalah siswa kelas VIIE MTsN Cluring yang ditentukan dengan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan lembar kegiatan siswa efektif terhadap pencapaian ketuntasan di kelas VIIE MTsN Cluring pada materi segi empat. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi guru yang mendapat persentase 86,67% yang artinya dalam kategori baik dan hasil observasi siswa yang mendapat persentase 67,65% yang artinya dalam kategori baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan maka ditolak, artinya model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan lembar kegiatan efektif dalam pencapaian ketuntasan belajar siswa