Penerapan Teknologi Informasi dalam Pemasaran dan Pengolahan Persediaan CV. Diwarna
Abstract
This Community Partnership Empowerment Program is carried out by the implementing team with CV Diwarna Partners who produce Socks and embroidery products for institutional attributes. In conditions where the production process can be completed quickly and abundantly, it requires efficient and healthy marketing, production and financial management. Partners' priority issues relate to marketing access, productivity, and readiness in the digital ecosystem. For this reason, the ability to increase production is directed by planning and market segmentation. Digital marketing strategies can be used to strengthen market segmentation and reach a wider market. The purpose of this program is to increase the role of Information Technology in marketing and production management. The method of implementation includes socialization, training, application of information technology, mentoring and evaluation. The results obtained are in the form of support for inventory information system applications and digital marketing, as well as increasing the ability and digital literacy of leaders and employees in using these applications. Overall, the contribution of facilities and applications built for partners has a good level of acceptance with an average score of 76%
Keywords: Information Technology, Digital Marketing, Inventory Management
References
Sosial sebagai Implementasi Strategi Peningkatan Penjualan pada UMKM Koremin. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara. 2024 Apr 22;8(2):296–306.
Dea Tiara Monalisa Butar-Butar, Stefy. Perancangan Sistem Microsoft Office Access pada Toko Batam Sumber Indah. TEKIBA : Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat. 2023 Dec 17;3(2):84–8.
Nova Astriana Lestari, Zaenal Wafa. Pendampingan Pencatatan Laporan Keuangan pada UMKM Pelayanan Jasa Laundry dengan Aplikasi Buku Kas. TEKIBA : Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat. 2023 Dec 3;3(2):71–6.
Aprianingsih R, Airawaty D. Pengenalan dan Pelatihan Pencatatan Laporan Keuangan Dengan Aplikasi Teman Bisnis Pada UMKM di Desa Tulas, Klaten. The Educational Research of TEKIBA [Internet]. 2023 Nov 28;(3):65–70. Available from: http://dx.doi.org/10.36526/tekiba.v3i3.3224
Qiram I, Hadi CF, As’ari H, Nurmahmudy W. Penerapan Teknologi Produksi dan e-Commerce pada UKM Kerajinan Bambu di Lingkungan Papring, Banyuwangi. TEKIBA : Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat. 2022 Oct 27;2(2):13–7.
Pembangunan Aplikasi E-Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Online Di Universitas.
Izzuddin A, Hari D, Prasetiyo T, Baihaqi MA, Hikmah N, Ariyanti D, et al. Open Access Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (TEKIBA) Peningkatan Pengetahuan dan Wawasan Kepada Anak Sekolah Dasar Dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. TEKIBA [Internet]. 2022;2(2):23–9. Available from: http://10.36526/tekiba.v2i2./2249
Berbasis PA, Untuk A, Kesejahteraan S, Terpadu S, Sosial K, Jember K, et al. Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Sistem Kesejahteraan Sosial Terpadu Kesejahteraan Sosial Kabupaten Jember. TEKIBA [Internet]. 2022;2(2):30–2. Available from: http://10.36526/tekiba.v2i2./2262
Muchtar A, Ashari H, Laila Sari DA. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Guru Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat. 2023 Jun 4;
Hasnah S, Annas AN, Sundari S, Dhaniswara E. Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Artificial Intelligences (AI) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.O.
Rizki VL. Optimalisasi Industri Rumah Tangga Dapur Mindul Melalui Inovasi Kemasan dan Label. The Educational Research of TEKIBA. 2024;(4):14–22.
Finahari N, Rubiono G, Id NA. Pendampingan UMKM Katering “Masak-masak.id” di Kegiatan Festival “Singosari Tempoe Doeloe” Sebagai Strategi. The Educational Research of TEKIBA. 2024;(4):23–8.
Pembuatan P, Paket B, Grand W, Banyuwangi W, Yasi RM, Hadi CF, et al. Open Access Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (TEKIBA) Pelatihan Pembuatan Barcode Paket Wisata Grand Watudodol Banyuwangi. TEKIBA [Internet]. 2022;2(2):48–52. Available from: http://10.36526/tekiba.v2i2./2260
Gunarto JC, Darmanto, Hidayat Dt. Rancang Bangun Sistem Manajemen Persediaan Pada Toko Charmshop Berbasis Web. 2023 Jul;
Ryo Liaunardy R, Hari Y, Darmanto. Rancang Bangun E-Marketplace Untuk Eskalasi Penjualan Ikan Cupang Di Tengah Pandemi Covid-19. 2023;
Darmanto, Prayitno A, Hermawan B. PKM Guru Sma Yppi 2 Melalui Transformasi Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh [Internet]. 2021. Available from: http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ABDIDOS/issue/archive
Susintowati, Prasetiyo Mushthofa TH, Mahfud, Dian Arief Pradana, St. Shabibatul Rohmah, Sahru Romadloni. Optimalisasi Penggunaan Internet Dan Media Pembelajaran Pada Guru Madrasah Di Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. TEKIBA : Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat. 2024 Jan 24;3(2):101–7.
Darmanto, Hidayat DT, Trisno IB. PENGUATAN PEMASARAN DAN PRODUKSI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA IRT SEWINGBYNES SURABAYA. 2022;
Oktaviani W, Habibi Mahsyar J, Studi Manajemen P, Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan F. Strategi Promosi Melalui Digital Marketing Produk UMKM Pesantren Al-Ihsaan. Vol. 7, Januari. 2024 Jan.
Makmur E, Ana D, Sari L, Ashari H, Burhan I, Muchtar A. Pelatihan Desain Kreatif Canva dalam Sosial Media di Lingkup Kelurahan Se-Kecamatan Pangkajene. The Educational Research of TEKIBA [Internet]. 2023 Jun 4;(3):40–4. Available from: http://dx.doi.org/10.36526/tekiba.v3i1.2796/
Soehandoko, J. Gabriela, (2023, Agustus 29). Berita Ekonomi Bisnis Media Online. Bank Indonesia Ungkap 4 Masalah dan Tantangan UMKM Indonesia,: https://ekonomi.bisnis.com/read/20230829/9/1689447/bank-indonesia-ungkap-4-masalah-dan-tantangan-umkm-indonesia. diakses September 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.