Implementasi Bisnis Berbasis Komunitas Dalam Kegiatan Festival Seni Budaya Di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang
Abstract
Pameran, bazaar, festival dan kegiatan sejenis memberikan manfaat positip bagi UMKM. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan untuk pendampingan mitra UMKM katering Pawon Mburi dalam Festival Seni dan Budaya 2024 yang dilaksanakan di Kelurahan Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari implementasi konsep bisnis berbasis komunitas yang menjadi tema hibah Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat DRTPM Dirjen Dikti TA 2024. Pendampingan dilakukan untuk desain tata letak stan, media promosi dan manajemen keuangan dengan penerapan mesin kasir. Stan Pawon Mburi diisi juga oleh anggota komunitas. Penjualan dilakukan bersama dalam koordinasi di bawah manajemen Pawon Mburi. Hasil pelaksanaan kegiatan memberikan peningkatan omset penjualan mitra setiap harinya, selama 4 hari kegiatan festival.
References
Anan, “Pembukaan Singhasari Heritage dan Culture, Festival Seni Budaya 2024 - ekspos.” [Online]. Available: https://
ekspos.id.
Investigasi, “Kirab Budaya Meriahkan Pembukaan Singhasari Heritage dan Culture Festival Seni Budaya 2024.” 2024, [Online]. Available: https://investigasi. news.
Admin, “Pembukaan Singhasari Heritage dan Culture Festival Seni Budaya 2024 Resmi Dimulai” [Online]. Available: https://kolocokronews.com.
G. H. Orlando and M. Anwar, “Peningkatan Minat Beli Produk UMKM Melalui Media Bazar,” Karya, J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 230–234, 2023, [Online]. Available: https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/karya_jpm/index.
D. Prihamdani et al., “Analisis Sumberdaya Manusia Pelaku UMKM Terhadap Inovasi Dan Digitalisasi Usaha (Studi Kasus: Desa Kertajaya Kecamatan Jayakerta Kabupaten Karawang),” in Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-3, 2023, pp. 915–923.
S. Nathasya, B. Sitepu, K. B. Sienatra, M. Teguh, and T. C. Efrata, “Pendampingan UMKM Untuk Meningkatkan Omset Bisnis di Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya,” Madaniya, vol. 5, no. 1, pp. 243–251, 2024, [Online]. Available: https://madaniya.biz .id/journals/contents/article/view/746.
S. Maro’ah, “Peran Bumn Dalam Event Pameran dan Dampaknya Pada Pemasaran Produk UMKM,” in Prosiding Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology, 2018, pp. 219–224.
E. Widyastuti, D. Putri. A, N. Trisna. D. S, and K. R. Hayati, “Pemberdayaan UMKM melalui Kegiatan Bazaar Ramadhan di Kelurahan Rungkut Menanggal, Kota Surabaya,” J. Abdi Masy. Indones., vol. 2, no. 4, pp. 1133–1138, 2022, doi: https://doi.org/10.54082/jamsi.394.
H. Barts, “Implementasi Kegiatan Bazar UMKM Sebagai Upaya Dalam Memperkuat Ketahanan Pangan di Kelurahan Amborawang Darat,” Abdimas Siliwangi, vol. 6, no. 2, pp. 395–402, 2023, doi: https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17246.
M. A. Syahroni et al., “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Pemberdayaan Umkm Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat,” in Prosiding Kampelmas (Kampus Peduli Masyarakat), 2023, vol. 2, no. 2, pp. 825–837.
W. Andayani, “Pemberdayaan UMKM Kabupaten Malang Melalui Penyelengga-raan Sosialisasi Dan Bazar Di Lingkungan Mahasiswa,” Proficio, J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 1, pp. 51–56, 2024.
M. Sagaf, D. Setiyowati, R. H. Kusumodestoni, and S. Hidayat, “Pendampingan UMKM Jamur Tiram Crispy “Roompy’ Dalam Upaya Peningkat-an Penjualan,” Reson. J. Ilm. Pengabdi. Masy., vol. 7, no. 1, pp. 54–61, 2023.
N. Rosyidah et al., “Pendampingan UMKM Batik CV . Wecono Asri dalam Meningkatkan Jumlah Peminat Melalui Pameran di Car Free Day Jl . Dhoho Kota,” Welf. J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 259–269, 2023, [Online]. Available: https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare.
L. K. Ningsih, A. A. N. E. S. Gorda, P. A. Arian, and K. A. J. Yasa, “Pendampingan UMKM ‘Camilan Agas Panji’ Dalam Upaya Peningkatan Produktivitas Usaha,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Santimas), 2023, pp. 1–10.
G. P. Pamungkas, G. Ramadhan, and A. Wijayanto, “Peningkatan Pengelolaan Promosi UMKM di Banyumas dalam Pameran Kesenian Budaya Peken Banyumasan,” Jurai J. Abdimas Indones., vol. 1, no. 2, pp. 209–218, 2023, doi: https://doi.org/10.59841/jai.v1i1.
F. Lumiasari, N. Aisyah, A. Pristiwianti, N. Wafa, M. I. Junjunan, and M. M. Asegaf, “Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Unggulan Lokal Melalui Festival Senduro Sedulur di Lumajang,” Wikrama Parahita J. Pengabdi. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 151–161, 2024, doi: https://doi.org/10.30656/ jpmwp.v8i1.7262.
S. R. R. Pertiwi et al., “Upaya Pendampingan dalam Penjualan Produk Yogurt UMKM Sabillulungan Melalui Bazar Universitas Djuanda Bogor,” Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 8, no. 1, pp. 65–73, 2024.
N. Finahari and G. Rubiono, “Pendampingan UMKM Katering ‘ Masak - masak . id ’ di Kegiatan Festival ‘ Singosari Tempoe Doeloe ’ Sebagai Strategi,” Tekiba J. Teknol. dan Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 23–28, 2024, doi: 10.36526/tekiba.v.4i.1.3531.
Ningrum, A. S., Lukitasari, E. H., & Wibowo, Y. (2022). Perancangan Media Promosi Cetak Sekolah Dasar Negeri 01 Karangmojo (Doctoral dissertation, Universitas Sahid Surakarta).
Jaya, A., Kuswandi, S., Prasetyandari, C. W., Baidlowi, I., Mardiana, M., Ardana, Y., ... & Muchsidin, M. (2023). Manajemen keuangan. PT. Global Eksekutif Teknologi.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.