Pemanfaatan Kolase Sebagai Alat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Di Sekolah Dasar

  • Reza Nur Kholifah Universitas Bina Darma
  • Nuzsep Almigo Universitas Bina Darma
Keywords: Origami Colase, Motoric Skills, Learning Methods

Abstract

Early childhood is a child in the golden period, also known as the "Golden Age", during which the growth and development of children in various aspects develops rapidly. Children at an early age are in dire need of stimulation appropriate to their age and abilities: infants (0-1 years), toddlers (2-3 years), playgroups (3-6 years), and early school age (6-8 years). Children's fine motor skills are greatly influenced by the making of this collage. The author uses the method of playing while learning by tearing origami paper and pasting it on the given paper. The purpose of this study was to find out whether children's fine motor development improved when they participated in collage activities with various materials and tools such as glue, origami, and making pictures with patterns. This study strives to help children become more innovative and creative. The author uses a qualitative descriptive method which is this method to collect information

References

Rahman A, Munandar SA, Fitriani A, Karlina Y, Yumriani. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa Kaji Pendidik Islam 2022;2:1–8.

Ariyanti T. The Importance of Childhood Education for Child Development. Din J Ilm Pendidik Dasar 2016;8:50–8.

Nova, Wati DE. Peran Orang Dewasa Dalam Stimulasi Motorik Kasar Pada Anak Delayed Walking (Keterlambatan Berjalan). J Chem Inf Model 2019;53:1689–99.

Hayati SN, Putro KZ. Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Gener EMAS J Pendidik Islam Anak Usia Dini 2021;4:52.

Nurul Kusuma Dewi S. Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. J Pendidik Anak 2018;7:190–5.

Nurlaili. Modul Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. 2019.

Amriyani R, Rusmayadi, Musfira. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Bahan Bekas Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Uminda Kota Makassar. Mot J Penelit AUD 2020;21:1–9.

Yeni S. Teknik Pembelajaran Kolase Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dan Kognitif Anak Usia Dini (Studi di Kelompok B Paud). Al-Bahtsu J Penelit Pendidik Islam 2020;5:12–125.

Putri R, Maghfiroh, Jumiatmoko R, Hafidah, Eka Nurjanah N. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Bahan Bekas Studi Literatur. J Golden Age 2021;5:314–22.

Anggraeni SN, Mulyana EH, Giyartini R. Pengembangan Bahan Ajar Kolase Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. PAUD Agapedia 2021;5:10–21.

Ira Permatasari, Sapri NK. Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kolase Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kemampuan Motorik Halus. J Ilm Teknol Pendidik 2017;7:98–110.

Marietta F, Watini S. Implementasi Model ATIK dalam Pembelajaran Motorik Halus melalui Media Origami di Taman Kanak Kanak. JIIP - J Ilm Ilmu Pendidik 2022;5:3053–9. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.794.

Vaneza T, Suryana D. Pengaruh Kolase Kapas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Bunda Tunas Harapan Kabupaten Pasaman. J Pendidik Tambusai 2020;4:572–80.

Fahira N, Drupadi R, Syafrudin U. Pengaruh Kolase Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. PAUD Lect J Pendidik Anak Usia Dini 2021;4:1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315.

Hendrayana SP, Fauziah DN, Syafrida R. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase. Early Child J Pendidik 2021;5:24–35.

Priyamana KH. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. PURWADITA J Agama Dan Budaya 2020;4:91–100.

Nur Insana S, Ismail W, Marjuni M, Agusriani A. Pengaruh Kegiatan Kolase Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jambura Early Child Educ J 2022;4:122–32. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1240.

Busriyah EA, Rufi’ah A, Saniti S, Prasetiya B. Upaya Peningktan Motorik Halus Anak Melalui Media Kolase Kertas Origami Anak Di Ra Islamiyah. Al-ATHFAL J Pendidik Anak 2023;4:59–68. https://doi.org/10.46773/alathfal.v4i1.588.

Robert Budi Laksana, Negi, Treny Hera. Pemanfaatan Bahan Alam Pada Mata Pembelajaran Sbdp Sebagi Media Berkarya Kolase Di Sd Negeri 1 Parittiga. Didakt J Ilm PGSD STKIP Subang 2023;9:258–69. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1418.

Putri S, Israwati, Rizka SM, Fauzia SN, Nessa R. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Bahan Alam Pada Pembuatan Kolase di Tk Cendekia Tungkop Aceh Besar. J Ilm Mhs Pendidik Anak Usia Dini 2016;01:1–23.

Darmiatun S, Mayar F. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini 2019;4:257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327.

Rahayu NK, Marlisa L, Noormawanti. Upaya Guru Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Kertas Warna. Thufulah J Ilm Mhs 2020;3:34–46.

Susanti R, Syafrilb S, Fiah R El, Rahayud T. Enam Cara Pengembangan Motorik Halus Anak Melalui Metode Pemberian Tugas. Procedia - Soc Behav Sci 2016;00:hal, 2.

Ulfa FA, Mas’udah. Pengaruh Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Di TK Hidayatullah Lidah Kulon …. PAUD Teratai 2018;7:3–6.

Published
2023-12-31