Profil Destinasi Wisata Alam Sumber Manis Sebagai Media Promosi Wisata Di Banyuwangi
Abstract
This paper discusses the profile of the Sumber Manis Tourism destination. The destination profiles are used to promote tourism for local, domestic and foreign tourists. The manager of Alam Sumber Tourism is experiencing problems regarding the use of social media, and the potential for tourism to introduce its destinations. So that students and lecturers propose to collaborate with PT and Tourism Destinations in Banyuwangi in creating social media accounts and making profile books for promotion for visiting tourists. The method is carried out by survey, socialization and mentoring for 45 days. The results show that the impact of social media can increase visitors by 10% on Saturdays and Sundays and tourists understand tourism potential with profile books.
References
[2] M. Mukti and D. Silviana, “Hubungan Jumlah Kunjungan Wisatawan Banyuwangi terhadap Pajak Hotel. Pajak Restoran dan Pajak Hiburan Kabupaten Banyuwangi,” J. Tour. Creat., vol. 3, no. 1, p. 32, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/view/13907
[3] Harsono, “Kabupaten Banyuwangi Dalam Angka 2017,” Banyuwangi, 2017.
[4] T. Erwandi, “Kabupaten Banyuwangi Dalam Angka 2020,” Banyuwangi, 2020.
[5] T. Erwandi, “Kabupaten Banyuwangi Dalam Angka 2021,” Banyuwangi, 2021.
[6] T. Erwandi, Kabupaten Banyuwangi dalam angka 2022, 1st ed. Banyuwangi: BPS Kabupaten Banyuwangi, 2022.
[7] I. S. Rini, F. Usman, and A. Subagiyo, “Rute Potensial Destinasi Wisata Kabupaten Banyuwangi,” Plan. Urban Reg. Dev., vol. 9, no. 2, pp. 39–48, 2020, [Online]. Available: https://purejournal.ub.ac.id/index.php/pure/article/view/109
[8] Mardianis and H. Syartika, “Kontribusi Sektor Pariwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten,” J. Ekon. Kebijak. Publik, vol. 09, no. 1, pp. 53–65, 2019.
[9] Sadi, “Analisis Perkembangan Pariwisata Berbasis Event di Kabupaten Banyuwangi,” Pros. Semin. Nas. IPTEK Olahraga, vol. 1, no. 1, pp. 8–12, 2019.
[10] G. Sanaubar, W. Hidayat, and H. Kusuma, “Pengaruh potensi pariwisata terhadap penyerapan tenaga kerja sektor perhotelan di 9 kabupaten/kota provinsi jawa timur tahun 2012-2015,” J. Ilmu Ekon., vol. 1, no. 3, pp. 324–339, 2017.
[11] Y. Ihwanuddin and S. Murtini, “Analisis Daya Dukung Kawasan Pariwisata (Carrying Capasity) Pantai Dalegan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik Yusuf Ihwanuddin Sri Murtini Abstrak Tabel 1 : Pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan objek wisata Pantai Dalegan,” Swara Bumi, vol. 01, no. 01, pp. 91–95, 2016.
[12] M. M. Anggela, N. M. O. Kartini, and N. M. S. Wijaya, “Persepsi dan motivasi wisatawan yang berkunjung ke daya tarik wisata jembong di kabupaten buleleng,” J. IPTA, vol. 5, no. 2, pp. 76–78, 2017.
[13] D. F. Simanjuntak and A. Irawan, “Pengaruh event pariwisata terhadap keputusan berkunjung (Survei pada Wisatawan Domestik yang Berkunjung ke Event Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi),” vol. 61, no. 3, 2018.
[14] W. Putra, A. Permana, N. Santoso, and B. Priyambadha, “Pengembangan Sistem Informasi Portal Banyuwangi Festival Berbasis Website Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 9, pp. 9085–9094, 2019.
[15] R. E. Mukti, “Analisis Potensi Obyek Dan Pengembangan Wisata Pantai Laut Selatan Banyuwangi Serta Ketersediaan Hotel Untuk Media Publikasi Pariwisata Menggunakan Web Map,” http://eprints.ums.ac.id/, pp. 1–27, 2019.
[16] M. Google, M. Api, J. T. Geomatika, F. Teknik, and I. T. Sepuluh, “Aplikasi SIG Untuk Pariwisata Kabupaten,” Jurnal Teknik Pomits, vol. X, no. X, pp. 1–6, 2015.
[17] C. Betari Avinda, I. N. Sudiarta, and N. M. Oka Karini, “Strategi Promosi Banyuwangi Sebagai Destinasi Wisata (Studi Kasus Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata),” J. IPTA, vol. 4, no. 1, p. 55, 2016, doi: 10.24843/ipta.2016.v04.i01.p10.
[18] A. Arivitarta, “E-Branding Majestic Banyuwangi Oleh Dinas Pariwisata Dan Kabupaten Banyuwangi Untuk Meningkatkan Kunjungan Pariwisata,” 2019, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14086
[19] W. K. Winoto, D. D. Hartanto, and ..., “Perancangan promosi pariwisata alam mangrove blok bedul di Kabupaten Banyuwangi menggunakan media online,” J. Desain Komun. Vis. Adiwarna, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2015, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/3269/2956
[20] G. Atiko, R. Hasanah Sudrajat, and K. Nasionalita, “Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementerian Pariwisata RI (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @indtravel),” J. Sosioteknologi, vol. 15, no. 3, pp. 378–389, 2016, doi: 10.5614/sostek.2016.15.3.6.
[21] D. H. Kusuma and M. N. Shodiq, “Sistem Rekomendasi Destinasi Pariwisata Menggunakan Metode Hibrid Case Based Reasoning dan Location Based Service Sebagai Pemandu Wisatawan di Banyuwangi,” J. Intensif, vol. 1, no. 1, p. 28, 2017, doi: 10.29407/intensif.v1i1.540.
[22] R. F. Adiputra, H. N. Palit, and A. Setiawan, “Aplikasi Informasi Pariwisata Daerah Banyuwangi Berbasis Android Dengan Memanfaatkan Google Maps,” J. Infra, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2016.
[23] W. S. Hanum and A. Saifudin, “Rancang Bangun Aplikasi Panduan Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi Mobile Berbasis Android,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 2, p. 59, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i2.2798.
[24] A. Mulyadi, J. Marsito, and Abdurrahman, Profil Destinasi Wana Wisata Alam Sumber Manis, 1st ed. Banyuwangi, 2022.
[25] Aan Setiyaningsih, “Efisiensi Pemasaran Dan Strategi Pengembangan Pemasaran Kopi Rakyat Desa Gombengsari Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi,” 2017. [Online]. Available: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85592