Partisipasi Mahasiswa Dalam Pengajaran Siswa Sekolah Dasar
Abstract
The Teaching Campus Program (Program Kampus Mengajar) provides opportunities for students to participate in helping the learning process in elementary and junior high schools. Writing this article aims to describe student participation in teaching elementary school students. The activity was carried out by the Himpunan Mahasiswa Penerima Beasiswa (Himapeba) Universitas Widyagama Malang. The school that became the activity partner was the SDN 3 Gading Kembar, Jabung District, Malang Regency. Teaching activities are carried out for 2 weeks for 1st to 5th grades students. The implementation of the activity shows the enthusiasm of students in the learning process which can be seen in the interactions that occur during the activity
References
M. Hilmi, F. N. Mustaqimah, and M. N. I. Saleh, “Tantangan dan Solusi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 di Yogyakarta,” J. Mhs. FIAI-UII, at-Thullab, vol. 4, no. 2, pp. 1156–1180, 2022.
L. B. Sibarani, D. I. Sihombing, S. P. Gultom, S. Haslin, and A. Tarigan, “Pendampingan Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi, Administrasi Serta Memperkenalkan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 282 Tornaincat,” J-Abdi, J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 6, pp. 5131–5140, 2022.
G. S. Satriani and M. K. Anwar, “Pemanfaatan Teknologi dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan pada Peserta Didik oleh Mahasiswa Kampus Mengajar,” J. Pengabdi. Masy. Nusant. (Pengabmas Nusantara), vol. 5, no. 1, pp. 21–26, 2023.
S. Lestari, K. Fatonah, and A. Halim, “Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta,” J. BASICEDU, vol. 5, no. 6, pp. 6426–6438, 2021.
V. Suwanti, I. K. Suastika, R. D. Ferdiani, and W. Harianto, “Analisis Dampak Implementasi Program MBKM Kampus Mengajar pada Persepsi Mahasiswa,” J. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), vol. 6, no. 3, pp. 814–822, 2022.
R. Makhfuza, Hambali, and M. Hardian, “Persepsi Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Terhadap Program Kampus Mengajar di FKIP Universitas Riau,” JISHUM (Jurnal Ilmu Sos. dan Humaniora), vol. 1, no. 2, pp. 312–322, 2022.
E. D. Etika, S. C. Pratiwi, D. M. P. Lenti, and D. R. Al Maida, “Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi di SDN Dawuhan Sengon 2,” JEID, J. Educ. Integr. Dev., vol. 1, no. 1, pp. 281–290, 2021.
L. M. Shabrina, “Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar,” J. basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 916–924, 2022.
A. T. Meilia and G. Erlangga, “Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar di Indonesia,” Metod. Didakt. J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 17, no. 2, pp. 120–128, 1907.
M. F. Manalu, M. Siahaan, S. Pardede, Y. M. R. Marbun, and Yetti, “Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Literasi dan Numerasi Serta Adaptasi Teknologi di SMP Negeri 2 Aek Kuasan Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3,” Abdi Widya, vol. 1, no. 2, pp. 78–89, 2022.
B. A. Khasannah, R. Kayyis, and N. Sutriningsih, “Mengenalkan Teknologi dan Inovasi Meningkatkan Literasi Dengan Aplikasi Aksi di SD Negeri 1 Sinarbaru,” Bagimu Negeri J. Pengabdi. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 46–54, 2020.
R. Adellia and I. P. Himawati, “Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat,” in Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, 2020, vol. 2020, pp. 142–150.
R. Risan et al., “Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 3 (KM3) dalam Kegiatan Mengajar Pada SD Inpres Kelapa Tiga 1,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, pp. 84–92, 2022.
T. I. Fauzi, N. P. Astuti, and D. N. U. Rahmawati, “Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi,” J. Budimas, vol. 03, no. 02, pp. 483–490, 2021.
E. Liana and M. Y. S. Wardana, “Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatankan Kompetensi Siswa di SD Negeri 2 Tlogowatu,” Widharma, J. Pengabdi. Widya Dharma, vol. 01, no. 01, pp. 1–5, 2022, doi: 10.54840/widharma.v1i01.10.
A. I. Asmin, T. Aeni, and Musfirah, “Implementasi Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Untuk Siswa SD Negeri 49 Mappatongko Palopo,” Abdimas Toddopuli, vol. 3, no. 2, pp. 79–85, 2022.
S. Pardede et al., “Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melalui Bimbingan Belajar Gratis bagi Siswa SMP Negeri 2 Tapian Nauli,” J. Pengabdi. Masy. Bestari, vol. 1, no. 5, pp. 215–224, 2022.
A. M. Iman and R. A. Ulfi, “Pengabdian Masyarakat Dengan Meningkatkan Minat Anak-Anak Terhadap Pentingnya Pendidikan di Kampung Pondok Manggis , Bojong Gede,” in Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021, vol. 1, no. 58, pp. 21–29.
A. Rahmani and R. Rustandi, “Kontribusi Mahasiswa di Bidang Pendidikan dalam Suasana Covid-19 di Kampung Bunisari RW 11 Desa Cimenyan,” in Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021, vol. 1, no. 40, pp. 77–85.
I. Kamaruddin, N. I. A. Anwar, A. A. T. Amir, A. Annisa, and J. Jurana, “Rumah Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di kelurahan Mangalli Kabupaten Gowa,” Abdisoshum, J. Pengabdi. Masy. Bid. Sos. dan Hum., vol. 1, no. 3, pp. 417–422, 2022, doi: 10.55123/abdisoshum.v1i3.1036.
N. Sarah et al., “Peran Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Labuhbaru Barat Kota Pekanbaru,” J. Pengabdi. Multidisiplin, vol. 2, no. 3, pp. 148–157, 2022.
V. Alpionita, E. Lubis, and S. Lisdayanti, “Implementasi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 80 Bengkulu Tengah,” J. Pengabdi. Masy. Mandira Cendikia, vol. 1, no. 5, pp. 27–33, 2022.
P. D. Asrida, N. W. W. Astuti, and N. N. Murniasih, “Peningkatan Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar Negeri 3 Ubud Melalui Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia,” J. PKM. Widya Mahadi, vol. 2, no. 2, pp. 26–33, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6605452.
A. D. Daroin, O. V. K. Santoso, D. M. A. Pranidia, and L. L. Halimah, “Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung,” Edukasi, J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 38–49, 2022.
A. Thanzani, “Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar di Daerah 3T (Tertinggal Terluar, dan Terdepan),” In Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2022, pp. 213–222.