METODE PEMBELAJARAN PKN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

  • Bahri Syaiful Guru PPKn SMAN Darussholah Banyuwangi

Abstract

Metode pembelajaran yang kurang efektif dan efisien, menyebabkan tidak seimbangnya kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik, misalnya pembelajaran yang monoton dari waktu ke waktu, guru yang bersifat otoriter dan kurang bersahabat dengan siswa, sehingga siswa merasa bosan dan kurang minat belajar. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru sebagai tenaga pengajar dan pendidik harus selalu meningkatkan kualitas profesionalismenya yaitu dengan cara memberikan kesempatan belajar kepada siswa dengan melibatkan siswa secara efektif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam artikel ilmiah ini adalah metode library research. Hasil kajiannya yaitu pemilihan metode pembelajaran yang tepat akan mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran, penerapan metode pembelajaran  berbasis masalah (problem base learning) dan pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) supaya dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun sendiri pemahamannya melalui pemecahan masalah yang dekat dengan pengalamannya.

Published
2019-05-06
How to Cite
Syaiful B. (2019). METODE PEMBELAJARAN PKN PROBLEM BASE LEARNING (PBL) DAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP AKTIFITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(1), 38-50. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/889