PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 NEGARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar IPA anata siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi,perbedaan pretasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatiftipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah,dan untuk mengetahui adanya interaksi yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan motivasi belajar terhadap pretasi belajar siswa Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII di SMP Negeri 2 NegaraKabupaten Jembrana yang berjumlah 246 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 120 orang. Penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design dan dengandesain factorial 2 x 2. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner motivasi belajar dan prestasi belajar IPA. Data analisis dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan prestasi belajar IPA pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD, baik pada siswa yang memilki motivasi belajar tinggi maupun pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.Simpulan yang kedua ,ada pengaruh interaksi anatar penerapan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pretasi belajar IPA pada siswa kelas VII smp Negeri 2 Negara. Kata Kunci. Model Pembelajaran,Pembelajaran kooperatif tipe STAD. Motivasi Belajar