PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 192/II SUNGAI BULUH
DOI:
https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i3.6183Keywords:
CITY, Wordwall, Cooperative Learning, IPAS, Learning OutcomesAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media Wordwall. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 192/II Sungai Buluh dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase keterlaksanaan pembelajaran guru, aktivitas siswa, dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pendidik mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus I menjadi sangat baik pada siklus II, yang mencerminkan adanya pengelolaan kelas yang lebih optimal sesuai sintaks model STAD berbantu Wordwall. Aktivitas siswa juga meningkat, dari kategori cukup pada siklus I menjadi baik pada siklus II, yang menunjukkan keterlibatan, motivasi, dan kolaborasi siswa yang lebih tinggi. Selain itu, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, yaitu dari 65% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa penerapan model STAD berbantu Wordwall efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran sekaligus hasil belajar siswa. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran inovatif yang berorientasi pada pembelajaran aktif, kolaboratif, dan berbasis teknologi sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.
References
Agustina , Ika Ari Pratiwi, Muhamad Rustanto, A. D. P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model STAD Berbantuan Papintarnas Di Sd 3 Wergu Wetan. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievementdevision) Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 3(1), 147–163.
Anisa, A. M. J., Dodik Mulyono, & Asep Sukenda Egok. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Dengan Berbantuan Aplikasi Wordwall Pada Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv Sd Negeri 06 Lubuklinggau. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 707–713. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18679
Ate, B. S., Rahman, A. A., Risqha, S., & Siregar, R. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbasis Crt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Sdn 066054 Medan. 5(1), 1083–1095.
Hidayatullah, M. I., Wayan, N., Udayani, A., Isra, M., Rachmawati, A., & Sukarso, A. A. (2025). Implementasi Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar : Studi Kasus Di Sd Negeri 1 Giri Tembesi , Lombok Barat. 7.
Maulidina, D. M., Pratiwi, D. A., Aslamiah, A., Salma, S., Latifatunnisa, L., Nugroho, I. E. P., Apriliani, E. D. N., & Syarifudin, A. (2024). Peran Sekolah Dan Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sdn Sungai Andai 3. Maras: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 1118–1130. Https://Doi.Org/10.60126/Maras.V2i2.339
Mochammad Ricky Rifa’i Sudarti, Rif’ati Dina Handayani, Mohammad Jamhari, H. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( Stad ) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kalor Kelas Vii Smp. Vektor: Jurnal Pendidikan Ipa, 05(01), 27–34.
Najihah, W., Chorimunafsi, E., & Herdinan, R. (2025). Inovasi Pendididkan; Pemanfaatan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Yang Menyenangkan. Zaheen: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 1(2), 13–24.
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman, S. (2023). Kurikulum Merdeka Sebagai Kurikulum Masa Kini. Jtppm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran) : Edutech And Intructional Research Journal, 10(1), 80–90. Https://Doi.Org/10.62870/Jtppm.V10i1.21407
Rosiana, N., Aida, N., Putri, A., Damayanti, N. A., Avisenna, S., Stevani, O. A., & Rahmawati, I. D. (2025). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Stad Berbantuan Asessmen Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Sdit Mutiara Ilmu Pendahuluan Pendidikan Yaitu Salah Satu Dari Banyak Aspek Kehidupan Yang Dipengaruhi Sekali. 8, 726–738.
Saiful, F. E. P., Hasanah, M., & Majid, A. B. A. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Minat Bakat Siswa. Journal Of Science And Education Research, 3(2), 5–10. Https://Doi.Org/10.62759/Jser.V3i2.108
Widiastuti, R., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Kuis Educandy Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2082–2089. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1161