PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTU WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 227/VIII TIRTA KENCANA

Authors

  • dewi yunita sari dewi universitas muhammadiyah muara bungo
  • Tri Wera Agrita Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Aprizan Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i3.6177

Keywords:

Game Based Learning, Wordwall, Bahasa Indonesia, hasil belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 227/VIII Tirta Kencana melalui penerapan model Game Based Learning (GBL) berbantu media Wordwall. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 16 siswa, terdiri atas 10 laki-laki dan 6 perempuan. Proses pembelajaran memanfaatkan Wordwall sebagai media digital interaktif berupa kuis dan permainan edukatif untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes hasil belajar, serta dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kinerja pendidik, dari rata-rata 82,5% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 68,5% pada siklus I menjadi 90,6% pada siklus II. Sementara itu, hasil tes belajar siswa meningkat dari 62,5% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II. Peningkatan ini membuktikan bahwa penerapan GBL berbantu Wordwall mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, serta pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Dengan demikian, integrasi model GBL dan media Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses maupun hasil belajar Bahasa Indonesia. Model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif yang menyenangkan, interaktif, serta relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21, khususnya pada pembelajaran di sekolah dasar.

References

Fauzi, T. Z., Nurmalia, L., & Hayun, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Game Based Learning di MIS Al - Hidayah. Seminar Nasional dan Publikasi Ilmiah, 325–334.

Gusmaningsih, I. O., Azizah, N. L., Suciani, R. N., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 2023.

Noviyanti, G. V. (2025). Pengaruh Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar. POLINOMIAL: Jurnal Pendidikan Matematika Volume, 6(2), 110–115.

Nurjiah, M., & Marna, J. E. (2025). Pengaruh Game-Based Learning Berbantu Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa. 5(2), 1–13.

Syafriani, D., Sahputri, A. A., Alyanti, D., Ramadani, D. S., & Pardosi, K. T. (2025). Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Akuntansi Hukum dan Edukasi, 2(1), 22–31. https://doi.org/10.57235/jahe.v2i1.5753

Taufiqurrohman, Hidayah, H., Sumarno, & Zulaekah. (2025). Peran Manajemen Pendidikan Islam Di Era Society 5.0 Dalam Melahirkan Sdm Berdaya Saing. Jurnal Ta’Limuna, 3(1), 24–33.

Tri Supanti, Y., & Mulyono, R. (2022). Gbl Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Materi Mengenal Akun Belajar.Id Dalam Bimbingan Tik. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1148–1464. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.458

Viona Sari Utami, S., Mansur, H., & Pendidikan, T. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD. Journal of Education Research, 5(4), 6081–6089.

Wati, M., Hindarwati, M., Zulfa, M., Badry, A., & Iman, B. N. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas 1. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa, 2(2), 323–334.

Widyastuti, P., & Kardono, W. (2025). Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. 5(2), 813–820.

Downloads

Published

2025-09-14

How to Cite

dewi, dewi yunita sari, Tri Wera Agrita, & Aprizan. (2025). PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTU WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 227/VIII TIRTA KENCANA . SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 14(3), 1757–1763. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i3.6177