THE EFFECT OF PICTURE WORD CARD MEDIA ON THE INITIAL READING AND WRITING SKILLS OF GRADE 2 STUDENTS

PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN MENULIS SISWA KELAS 2

Authors

  • Eviska Loviandari Universitas Islam Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i3.6010

Keywords:

Kata Kunci: Kartu kata bergambar; Membaca; Menulis;

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan menulis siswa kelas 2 SD Negeri 014 Sidodadi. Latar belakang masalah menunjukkan sekitar 40% siswa belum mencapai standar kompetensi minimum karena pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental dan rancangan pretest-posttest one group. Seluruh 27 siswa kelas 2 SD Negeri 014 Sidodadi dijadikan populasi sekaligus sampel penelitian (total sampling). Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang dilaksanakan sebagai pretest (sebelum intervensi) dan posttest (setelah intervensi). Tes ini mengukur kemampuan membaca permulaan dan menulis siswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan: nilai rata-rata membaca permulaan naik dari 60.00 menjadi 88.46, dan menulis dari 60.00 menjadi 87.69. Uji paired sample t-test untuk kedua kemampuan menunjukkan nilai Sig. (P-value) < 0.001, menegaskan perbedaan yang sangat signifikan. Penelitian ini membuktikan bahwa media kartu kata bergambar efektif dalam meningkatkan literasi dasar siswa, menjadi strategi pembelajaran inovatif yang relevan, terutama di konteks pedesaan, serta mengisi celah literatur terkait dampak simultan pada populasi spesifik ini.

 

References

Adolph, R. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 2477-5673.

Agustina, N., Amrah, & Amir. (2023). Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Education, 3(2), 74–92. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2034348&val=12153&title=Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan

Ali, M. (2021). Peningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Dengan Media Gambar Untuk Kelas 2 Pada Sdn 93 Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 43–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i1.6796

Anggraeni, R., Rahmadanti, D. A., Aryanti, R. D., Zahra, A. S. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). e-ISSN: 3025-2822, Hal. 84-99 202233128@std.umk.ac.id, fina.fakhriyah@umk.ac.id 5, nur.fajrie@umk.ac. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5, 6. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i4.1483

Arsini, K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 173–184. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46323

Arwita Putri, R., Rambe, R. N., Nuraini, I., Lilis, L., Lubis, P. R., & Wirdayani, R. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(2), 51–62. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i2.1984

Auliah, M., Halimah, A., Sulaiman, U., & .... (2021). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas II SDN Bontoramba Gowa. Jurnal Ilmiah …, 03(2), 148–156. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipmi/article/download/22687/11867

Candra Susanto, P., Ulfah Arini, D., Yuntina, L., Panatap Soehaditama, J., & Nuraeni, N. (2024). Konsep Penelitian Kuantitatif: Populasi, Sampel, dan Analisis Data (Sebuah Tinjauan Pustaka). Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1.504

Charismana, D. S., Retnawati, H., & Dhewantoro, H. N. S. (2022). Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Indonesia: Kajian Analisis Meta. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Fajrin, N. N. (2020). Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan treechart pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II SLB YPKS bajeng kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4.

Firawati. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. 4, 1–16.

Firsta Bagus Sugiharto, Chusnul Chotimah, & Devi Dominika. (2024). Penggunaan Metode Suku Kata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Jurnal Lensa Pendas, 9(1), 125–142. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i1.3373

Intang, B., Nadrah, & Nur, A. M. (2024). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 97–105. https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2625

Iye, R., & Abdullah, R. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok a Di Kecamatan Waikase Tahun 2022. PARADIGM : Journal Of Multidisciplinary Research and Innovation, 1(01), 28–35. https://doi.org/10.62668/paradigm.v1i01.375

Janawati, D. P. A., Darmayanti, N. W. S., & Sustiani, N. W. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(1), 30–33. https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v4i1.110

Juhaeni, J., Ifain, A., Kurniakova, A. S., Tahmidah, A., Arifah, D. N., Friatnawati, S. F., Safaruddin, S., & Nurhayati, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 126–134. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.74

Karyati, Z. (2021). Pengaruh Keterampilan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Jurnal Educatio, 7(3), 1135–1142. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1370

Lestari, L., & Ramadan, Z. H. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Siswa Kelas II Sekolah Dasar. 13(001), 113–124.

Melisya, M. P., Murjainah, M., & Praseihammi, M. (2023). Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p1-8

Melita, Disurya, R., & Ayu, I. R. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I. Journal on Teacher Education, 4(2), 620–629.

Metode, D., & Field, P. (2020). JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI. 2, 239–246.

Muslih, M. A., Odah, S. ", Hasan, N., & Tangerang, M. (2022). Analisi Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 DI SD Negeri Pekojan 02 Petang Kota Jakarta Barat. PANDAWA : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 4(1), 66–83. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Napisah, N., Syamsul, B. T., & Latang, L. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas Iv. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 4411–4419.

Nasabah, P., Keputusan, T., Jasa, M., Tulen, B., Paokmotong, A., & Masbagik, K. (2022). Lebih Kecil Dari T. 5(1), 21–29.

Nenu, M. A. R., Kaka, P. W., Sayangan, Y. V., & Laksana, D. N. L. (2024). Penggunaan Media Kartu Suku Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdk Wolomeli. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 557–570. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3447

Nur’ Ajmiy, F., & Khoirul Umam, N. (2023). Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1654–1667. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6984

Ono, S. (2020). Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur SG Posture Evaluation. Jurnal Keterapian Fisik, 5(1), 55–61. https://doi.org/10.37341/jkf.v5i1.167

Pahrun, R. (2021). Volume 01, (1), Maret 2021 http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/dikmas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(1), 35–42.

Permatasari, D. H., & Fitriana, S. (2024). Tingkat Penyesuaian Diri Siswa di SMK Negeri 2 Semarang Manusia merupakan makhuk sosial yang dalam kehidupannya memerlukan kehadiran orang lain untuk berinteraksi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia harus mampu melakukan penyesuaian terhadap lin. 7(2), 248–254.

Permulaan, M., Siswa, P., Ii, K., & Koto, S. D. N. (2024). 1, 2, 3. 10(September).

Putri, E. N., Setyaningsih, K., Sofyan, F. A., Astuti, M., & Murtopo, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia Dini Di Raudhatul Athfal Ar-Ridho Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4993.

Rantika, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kata Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Kreatif Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd/Mi. Skripsi.

Rika Widianita, D. (2023). Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Kognitiikan Pada Anak Usia Dini Di Ra Al Jannah Jakarta Utara. Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Rizana, J. F., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2021). Penggunaan Kartu Huruf Bergambar Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B RA Sirrul Khuluq Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume, 3(1), 133–139.

Suhana, R. A., Mulyadi, S., & Rahman, T. (2024). Pemanfaatan Media Kartu Sebagai Media Pembelajaran Mengenal Huruf Anak Usia Dini. 07(01), 4447–4452.

Sumbawati, Y., Tahir, M., & Sudirman, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN 1 Penujak Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1817–1822. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.846

Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.

Tati Hamdiah, & Nita Priyanti. (2023). Media Kartu Gambar Dalam Mengembangkan Minat Baca Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1507–1515. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5749

Wahyuni, D., Asri, S. A., & Ayuningrum, S. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Bahasa Indonesia melalui Metode Cooperative Integrated Reading and Composition. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III: SEMNARA 2021, 693–703.

Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.368

Wijayanti, T. I., & Utami, R. D. (2022). Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi. Jurnal Basicedu, 6(3), 5104–5114. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3039

Downloads

Published

2025-08-10

How to Cite

Eviska Loviandari, & Siti Quratul Ain. (2025). THE EFFECT OF PICTURE WORD CARD MEDIA ON THE INITIAL READING AND WRITING SKILLS OF GRADE 2 STUDENTS: PENGARUH MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DAN MENULIS SISWA KELAS 2. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 14(3), 1276–1283. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i3.6010