FEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan
bimbingan kelompok di sekolah, memperoleh gambaran kondisi
kepercayaan diri siswa, untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan
bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan
kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang yang dipilih dengan
teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan
kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri
siswa terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Hal ini
ditunjukkan dengan hasil analisis t-test dari perhitungan skala kepercayaan
diri pada skor total siswa sebelum diberi perlakuan (pre test) dan setelah
diberi perlakuan (post test) diperoleh nilai probabilitas dibawah 0,05
(0,006<0,05). Disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk
selalu meningkatkan kompetensi sebagai praktisi BK, dan model
bimbingan kelompok dengan teknik modeling dapat dijadikan salah satu
model layanan dalam membantu siswa meningkatkan kepercayaan dirinya.