PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA USING BERGAMBAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA USING SEKOLAH DASAR

  • Lutfi Irawan R Dosen di Universitas PGRI Banyuwangi
  • Nur Hasibin Dosen di Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Hasil penelitian ini berupa pembuatan buku berbahasa Using
bergambar. Pada bagian pembukaan kamus terdapat halaman judul
dalam, identitas buku, halaman judul singkat, persembahan, kata
pengantar, petunjuk penggunaan kamus, dan daftar isi.
Bagian isi berisi daftar kosakata yang dikemas berdasarkan tema
dan disusun sesuai letak gambar. Adapun tema yang tersaji untuk isi
kamus adalah tema anggota tubuh; tema warna; tema angka; dan tema
silsilah kekeluargaan.Selain memaparkan kosakata yang diikuti gambar,
dipaparkan juga halaman keterangan kosakata sulit. Bagian penutup
terdapat daftar pustaka, dan biodata penulis.
Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan dalam penelitiaan ini,
peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut. Pertama,buku
berbahasa Using bergambar dapat digunakan sebagai salah satu
sumber pustaka dalam proses belajar mengajar. Kedua, perlu
diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku
berbahasa Using bergambar.

Published
2019-01-28
How to Cite
RL. I., & HasibinN. (2019). PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA USING BERGAMBAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA USING SEKOLAH DASAR. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 7(1), 19-28. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/273