THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON INCREASING STUDENT LEARNING OUTCOMES AT SDN TAMAN BARU

PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN TAMANBARU

  • Ardi Samudra Rochmattulloh SD Negeri Tamanbaru
Keywords: Pembelajaran online, Hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pembelajaran online terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SDN Tamanbaru. pembelajaran online merupakan suatu proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan jaringan internet, maka ketersediaan teknologi berbasis digital menjadi prasyarat mutlak demi terselenggaranya pembelajaran berbasis online (Belawati 2019). Populasi 85 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Cara pengumpulan data menggunakan metode survey dengan simple random sampling. Teknis analisis data menggunakan uji validitas analisis korelasi pearson pada setiap item pertanyaan; uji reliabilitas dengan skor 0,890 variabel X dan 0,847 variabel Y kategori tinggi berdasarkan kriteria Guilford dalam (Fatimah, Wirnawa and Dewi, 2020); uji homogenitas dengan signifikasi 0,053 > 0,05; uji normalitas kolmogorov Smirnov dengan signifikasi 0,200 > 0,05; uji linear dengan signifikasi 0,890 > 0,05 dan uji regresi linear sederhana dengan signifikasi 0,009 < 0,05 dimana Fhitung > Ftabel yaitu 7,414 > 4,03; Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pembelajaran online terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SDN Tamanbaru Kecamatan Banyuwangi sebesar 13,4%

References

Aditya, Rifan. Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif dan Kuantitatif. Sept 07, 2021. https://www.suara.com/tekno/2021/09/07/200712/jenis-metode-penelitian-selain-kualitatif-dan-kuantitatif (accessed June 05, 2022).
Agung, Agung. "Pentingnya Linearitas pada Regresi dan Cara Jitu Mengatasinya." 2020.
Andriani, Rike, and Rasto. "Motivasi Belajar Sebagai Determinasi Hasil belajar Siswa." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (Januari 2019): 80-86.
Barlian, Eri. Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang, Sumatra Barat: Sukabumi Press, 2016.
Belawati, Tian. Pembelajaran Online Edisi 2. ke 2. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2019.
Fatimah, Clara, Ketut Wirnawa, and Putri Sukma Dewi. "Analisis Kesulitas Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)." Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1 (June 2020): 1-6.
Haeruman, Leny Dhianti, Dwi Antari Wijayanti, and Qorry Meidiangsih. "Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika." Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 2021: 80-84.
Indrawati, Budi. "Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19." Jurnal Kajian Ilmiah, 2020: 39-48.
Irma, Ade. Relevansi Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Thesis, Parepare: IAIN Parepare, 2021.
Kustanti, Meryana Chandri. "Hambatan Komunikasi Interpersonal pada Physical Distancing di Situasi Pandemi Covid-19." Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, 2020. 57-64.
Liu, An Nisaa Al mu'min, and Ilyas. "Pengaruh Pembelajaran Online Berbasis Zoom Cloud Meeting Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Fisikan Universitas Flores." Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan 6 (Maret 2020): 34-38.
Miyosi, Noboru, Qiujing Pan, and YongHong Hu. "The Effect of Class Experiences via Online Education on Japanese University Students' Learning Outcomes amid the Covid-19 Pandemic." 2022: 71-86.
Nasution, Mardiah Kulsum. "Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa." Studia Didakta 11 (June 2017): 9-16.
Nasution, Wirdha Annisa. Evaluasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Menggunakan CIPP (Context, Input, Process, Product) Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Kewirausahaan . PhD Thesis, Medan: Universitas Negeri Medan, 2020.
Nurdin, and La Ode Anhusadar. "Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19." Jurnal Pendidikan Usia Dini 5 , no. 1 (2021): 686-697.
Nurfadilah, Siti, and Dori Lukman Hakim. "Kemandirian Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Matematika." Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. Karawang: Universitas Singaperbangsa, 2019. 1214-1223.
Nurrita, Teni. "Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa." Jurnal ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 2018: 171-187.
Parlindungan, Doby Putra, Galang Pakarti Mahardika, and Dita Yulinar. "Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuroyah." Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Jakarta: Universitas Muhammadiyah jakarta, 2020. 1-8.
Prasetya, Tri Adi, and Chrisna Tri Harjanto. "Pengaruh Pembelajaran Online dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi Covid19." Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 2020: 188-197.
Rahmasari, Aden Fani, fajar Setiawan, and Meirza Nanda Faradita. "Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tenah Pandemi Covid-19." Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2020: 158-168.
Riyadi, Slamet, and Aria Mulyapradana. "Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Radhatul Atfal di Kota Pekalongan." Jurnal Litbang Kota Pengalongan, 2017: 106-117.
Safitri, Andriani, Fannia Sulistiani Putri, and Prihatini Prihatini. "Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Kurikulum 2013." Jurnal Basicedu Journal of Elementary Education, 2021: 5296-5304.
Sasqia P, Mella Aini. Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbasis Media Aplikasi Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIA di SMAN 1 Seputih Mataram pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2022.
Setiyaki, Aziz Arya, et al. "Pengadaan Pentas Seni dan Budaya oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Institut Teknologi Bandung pada Masa Pandemi COVID-19." Pendidikan Seni Budaya dan Pedagogy, 2021: 1-19.
Suhendro, Eko. "Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi COvid-19." Golden AGe: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2020: 133-140.
Sulistyowati, Shanti Nugroho, and Fahimul Amri. "Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Pendidikan Tambusai, 2021: 3076-3082.
Surjono, Herman D, Ali Muhtadi, and Novi Trilisiana. "The Effects of Online Activities on Student Learning Outcomes in Blended Learning Environment." Proceedings of the 2019 3rd International Conference on Education and Multimedia Technology - ICEMT 2019. 2019. 107-110.
Syachtiyani, Wulan Rahayu, and Novi Trisnawati. "Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi COvid-19." Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2021: 90-101.
Syarifudin, Albitar Septian. "Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Ditetapkannya Social Distancing." Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 2020: 31-34.
Yuangga, Kharisma Danang, and Denok Sunarsi. "Pengembangan Media Dan Strategi Pembelajaran Untuk Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid-19." Jurnal Guru Kita 4 (June 2020): 51-58.
Yunus, Yuliawati, and Monica Francisca. "Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Kewirausahaan." Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2020: 118-127.
Published
2023-02-07
How to Cite
Ardi Samudra Rochmattulloh. (2023). THE EFFECT OF ONLINE LEARNING ON INCREASING STUDENT LEARNING OUTCOMES AT SDN TAMAN BARU: PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN TAMANBARU. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 12(1), 27-36. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v12i1.2395