MENINGKATKAN SELF EFFICACY MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDEKATAN PSIKOANALISIS DAN COOPERATIVE POSITIVE LEARNING

  • Heriberthus Wicaksono Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Sapta Rizki Pradana Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: self efficacy, Psikoanalisis, Cooperative Positive Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan self efficacy dan memaksimalkan potensi yang dimiliki mahasiswa berkebutuhan khusus sehingga dapat berpartisipasi secara penuh serta produktif dalam kehidupan bermasyarakat serta untuk mengembangkan self efficacy dalam motivasi belajar mahasiswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan menurut sifat masalahnya penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif deskriptif data yang dikumpulkan bukan angka-angka tetapi berupa kata-kata atau gambaran. Penelitian ini dilakukan langsung di lapangan yaitu di Universitas PGRI Banyuwangi untuk mendapatkan data yang diperlukan terkait Meningkatkan Self Efficacy Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Psikoanalisis Dan Cooperative Positive Learning. Kesimpulan pada hasil  penelitian ini adalah implementasi pendekatan Psikonalisa dengan Model CPL sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa berkebutuhan khusus. Penggunaan metode psikoanalisa dalam proses belajar memberikan dampak positif bagi mahasiswa. Terutama untuk meningkatkan self efficacy. Adapun dampak positif di antaranya mahasiswa lebih mampu menghadapi permasalahan, Lebih yakin terhadap kemampuan dalam diri, dan Memiliki Kemampuan untuk Bangkit dari Kegagalan.

References

Ahmad, M. (2017). AGAMA DAN PSIKOANALISA SIGMUND FREUD. RELIGIA, 14(2). https://doi.org/10.28918/religia.v14i2.92
Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1).
Hasmatang. (2019). Pentingnya Self Efficacy pada Diri Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 1, 296–298.
Noviandari, H., & Febriani, E. (2019). PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).
Noviandari, H., & Mursidi, A. (2019). Relationship of Self Concept, Problem Solving and Self Adjustment in Youth. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(6). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1599
Rahmawati, L., & Hardini, A. T. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Daring terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berargumen Pada Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.496
Suhendra. (2017). Hubungan antara self eficacy dengan prokrastinasi penulisan skripsi pada fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Ilmiah Kesehatan, V.
Sumarsyah, W., Jendrius, J., & Putera, R. E. (2020). Implementasi Kebijakan Pengalihan Kewenangan Pendidikan Menengah Dari Pemerintah Kabupaten/Kota Ke Pemerintah Provinsi (Studi Di Provinsi Sumatera Barat). Jurnal Niara, 13(2). https://doi.org/10.31849/niara.v13i2.4745
Utamajaya, J. N., ; S. O. M., ; A. M., ; H. N., & BK, ; Muh. Khaerul Ummah. (2020). INVESTIGATING THE TEACHING MODELS , STRATEGIES AND TECHNOLOGICAL INNOVATIONS FOR CLASSROOM LEARNING. Palarch’s Journal Of Archaeology Of Egypt/Egyptology, 17(7).
Published
2021-11-30
How to Cite
Heriberthus Wicaksono, & Sapta Rizki Pradana. (2021). MENINGKATKAN SELF EFFICACY MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS MELALUI PENDEKATAN PSIKOANALISIS DAN COOPERATIVE POSITIVE LEARNING. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 10(2), 286-292. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v10i2.1595