PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII B MTS NURUL HUDA BADEAN TAHUN AJARAN 2019 / 2020

  • Ida Nudia Amburika Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Harwanti Noviandari Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Ahmad Sulthoni Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Pemerataan pendidikan di daerah terpencil adalah sistem pendidikan  menyediakan kesempatan seluasnya kepada seluruh warga negara untuk  memperoleh pendidikan merata dan pendidikan salah satu tempat untuk  membentuk generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia. Masalah dalam  pemerataan pendidikan muncul karena kurangnya infrastruktur, sarana, dan  prasarana sekolah serta tenaga pengajar yangmasih kurang. Kekurangan fasilitas  ini tentu akan menjadi penghambat majunya mutu pendidikan di Indonesia.  Padahal mutu pendidikan hanya dapat dibangun oleh sistem pendidikan di  sekolah yang baik sehingga melalui pendidikan mampu melahirkan generasi  muda memiliki kepercayaan diri juga mampu bersaing memiliki prestasi. Berdasarkan sifat, tujuan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif  merupakan penelitian yang bersifat sementara dan berkembang penelitian berada di  lapangan (Sugiyono, 2010). Dilihat berdasarkan sifat masalahnya penelitian ini  berjenis penelitian studi fenomenologi. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan  beberapa metode pengumpulan data, yaitu wawancara dan observasi atas fenomena  yang terlihat. Wawancara yang dilakukan adalah wawancara semi-terstruktur. Artinya  dimana peneliti tidak terlalu bergantung pada bahan wawancara dapat berjalan lebih  fleksibel dan terarah. Metode wawancara, juga menggunakan metode observasi, yaitu  mengobservasi subjek berdasarkan data yang diperoleh dari teman dekat subjek. Berdasarkan temuan peneliti sebagaimana yang telah penulis uraikan pada bab  sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa peneliti yang berjudul Penerapan  konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri pada Siswa Kelas VIII B MTS Nurul Huda Badean.

Published
2019-05-15
How to Cite
Ida Nudia Amburika, Harwanti Noviandari, & Ahmad Sulthoni. (2019). PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII B MTS NURUL HUDA BADEAN TAHUN AJARAN 2019 / 2020. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(1), 67-75. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1109