HUBUNGAN PERAN GURU BK DENGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2019/2020 DI MTs NURUL HUDA BADEAN BANYUWANGI

  • Indah Nur Afifah Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Harwanti Noviandari Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi
  • Ahmad Sulthoni Bimbingan Konseling Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Perilaku membolos merupakan perilaku yang menyimpang yang dilakukan  oleh siswa di sekolah dengan melanggar tata tertip di sekolah, tidak masuk  sekolah tanpa izin dan meninggalkan jam pelajaran. sehingga yang harus berperan  aktif dalam menangani masalah tersebut yaitu guru BK karena peran guru  Bimbingan Konseling adalah untuk membantu mengarahkan, memotivasi siswa  dan menangani masalah yang dihadapi oleh siswa terutama pada perilaku  membolos, karena jika tidak segera ditangani akan berdampak negatif pada  perilaku siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Peran guru BK  dengan Perilaku Membolos siswa kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020 di MTs  Nurul Huda Badean Banyuwangi. Penelitian ini berjenis Kuantitatif pendekatan  deskriptif, dengan menggunakan metode kuesioner sebagai alat pengumpulan  data. Pengambilan Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian Sehingga sampel yang digunakan hanya siswa yang membolos di kelas VIII yang  berjumlah 20 Responden. Untuk mengukur hasil penelitian ini menggunakan uji  validitas, reliabilitas, uji korelasi dan regresi linier dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistic 21 for Windows Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan antara peran guru BK dengan  perilaku membolos adalah sebesar 0,034 jadi, karena nilainya 0,034 < 0,05 maka  dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara peran guru BK dengan  perilaku membolos siswa. Sehingga hipotesis Ha yang berbunyi ―Ada hubungan  signifikan antara peran guru BK dengan perilaku membolos siswa kelas VIII di  MTs Nurul Huda Badean Banyuwangi‖ di Terima. Dengan derajat hubungan  penelitian ini yaitu 0,432 atau 43,2% sehingga nilai 56,8% dipengaruhi oleh faktor  lain.

Published
2019-05-27
How to Cite
Indah Nur Afifah, Harwanti Noviandari, & Ahmad Sulthoni. (2019). HUBUNGAN PERAN GURU BK DENGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA KELAS VIII TAHUN AJARAN 2019/2020 DI MTs NURUL HUDA BADEAN BANYUWANGI . SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(1), 60-66. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1108