PERFORMA ALAT OVEN STEAM PADA PENGOLAHAN IKAN PINDANG TONGKOL (EUTHYNNUS SPP)

  • Rezaldi Hidayat Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta
  • Maimum Pascasarjana Sekolah Tinggi Perikanan
  • Sukarno Pascasarjana Sekolah Tinggi Perikanan
Keywords: Alat oven steam, Suhu Air, Suhu Produk, Bahan Bakar

Abstract

Salah satu penompang perekonomian bangsa Indonesia adalah terletak pada usaha mirko, kecil dan menengah (UMKM) Untuk dapat berkembang dan bersaing pemerintah, akadimisi selalu membuat rancangan alat sederhana dalam mempermudah dan mengefesien perkerjaan, rata-rata suhu air awal 28.60C dan dan pada pemasakan 15 menit suhu mencapai 66.90C dan suhu pada pemasakan 2.5 menit mancapai 98.50C dan suhu pemasakan 3 jam 98.50C dan suhu pemasakan terakhir 97.90C Suhu produk yang dihasilkan selama proses pemaskan mencapai 90-980C, energi yang dihasilkan oelh alat mencapai 10.675360 J bahan bakar yang digunakan hanya 5 kg dengan 2 kali pemasakan 1 kali masak mencapai 30 kg ikan pindang.

Kata kunci: alat oven steam, suhu air, suhu produk , bahan bakar

Author Biographies

Maimum, Pascasarjana Sekolah Tinggi Perikanan

Progam Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Peminatan Industri Pengolahan Hasil Perikanan

Sukarno, Pascasarjana Sekolah Tinggi Perikanan

Progam Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Peminatan Industri Pengolahan Hasil Perikanan

References

DAFTAR PUSTAKA
Astawan, Made. "Penaganan dan Pengolhan Hasil Perikanan." Universitas Jakata, 2007.
Astuti, Pungki Agustina, and Rafida Mardhatila. "Pengolahan dan Pengawetan dengan Suhu Tinggi." Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan, 2014.
Setyanto, W Nasir, et al. "Perancangan Alat Pengering Mie Ramah Lingkungan." Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang, 2012.
Susilo, Wisnu Tri, Har Putut Riyadi, and Dwi Apri Anggo. "PENGARUH WAKTU PENGUKUSAN TERHADAP KUALITAS IKAN PETEK (Leiognathus splendens) PRESTO MENGGUNAKAN ALAT “TTSR”." Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro,Jl. Prof. Soedarto,SH, Semarang, 2014.
Wijayanti, Bangun Dini. "Peningkatan Mutu dan Kualitas Ikan Pindang." Krenova Kabupaten Kendal, 2018.
Published
2021-03-30
How to Cite
Hidayat, Rezaldi, Maimum, and Sukarno. 2021. “PERFORMA ALAT OVEN STEAM PADA PENGOLAHAN IKAN PINDANG TONGKOL (EUTHYNNUS SPP)”. JURNAL LEMURU 2 (2), 54-62. https://doi.org/10.36526/lemuru.v2i2.832.