ANALISA FITOKIMIA GULA DARI BUAH PANDAN LAUT (Pandanus tectorius)

  • Siti Tsaniyatul Miratis Sulthoniyah Universitas PGRI Banyuwangi
  • Widhi Winata Sakti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Nandya Fitri Rachmawati Universitas PGRI Banyuwangi
  • Alfarado Bagus Prastyo Putra Universitas PGRI Banyuwangi
  • Fenik Universitas PGRI Banyuwangi
Keywords: Fitokimia, Gula, Buah Pandan Laut

Abstract

Kelimpahan buah pandan laut di Kabupaten Banyuwangi belum banyak diteliti. Oleh karena itu, penelitian tentang karakteristik fitokimia gula cair dari ekstraksi buah pandan laut perlu dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Variabel terikat adalah fenolik, flavonoid, terpenoid/steroid dan saponin. Ada 4 perlakuan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu waktu pemasakan selama 10 menit, 20 menit, 30 menit, dan 40 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perlakuan pemanasan 10 menit, gula buah pandan laut tidak mengandung fenolik, flavonoid dan saponin, namun mengandung terpenoid. Pada perlakuan pemanasan 20 menit, gula buah pandan laut tidak mengandung fenolik, flavonoid dan triterpenoid, namun mengandung steroid. Pada perlakuan pemanasan 30 menit, gula buah pandan laut tidak mengandung fenolik dan saponin, namun mengandung flavonoid dan steroid. Pada perlakuan pemanasan 40 menit mengandung fenolik, flavonoid, steroid dan saponin, namun tida mengandung terpenoid.

Author Biographies

Siti Tsaniyatul Miratis Sulthoniyah, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan
Fakultas Pertanian
Universitas PGRI Banyuwangi

Widhi Winata Sakti, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Nandya Fitri Rachmawati, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

Alfarado Bagus Prastyo Putra, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

Fenik, Universitas PGRI Banyuwangi

Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian

References

Dhurhania, C. E. dan Novianto, A. 2018. Uji Kandungan Fenolik Total dan Pengaruhnya terhadap Aktivitas Antioksidan dari Berbagai Bentuk Sediaan Sarang Semut (Myrmecodia pendens). Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, Vol. 5 (2), hal. 62-68.
Heinrich, Michael., Barnes, Joanne., Gibbons, Simon., Williamso, Elizabeth M. 2004. Fundamental of Pharmacognosy and Phytotherapi. Hungary: Elsevier.
Melati dan Parbuntari, H. 2022. Screening Fitokimia Awal (Analisis Qualitative) pada Daun Gambir (Uncaria gambir Roxb) Asal Siguntur Muda. PERIODIC: Chemistry Journal of Universitas Negeri Padang, Vol. 11 (3), hal. 88-92.
Misra, Varucha & Shrivastava, Ashok & Shukla, S & Ansari, Mohammad Israil. (2016). Effect of sugar intake towards human health. 10.21276/sjm.2016.1.2.2.
Puspadani, N., Rustanti, N., & Fitranti, D. (2019). Total Bakteri Asam Laktat, Aktivitas Antioksidan, dan Uji Penerimaan Yoghurt Sinbiotik dengan Penambahan Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia sappan L.). Journal of Nutrition College, 8(3), 172-177.
Puspasari, S., Nurhamidah dan Amir, H. 2020. Uji Sitotoksik dan Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Pandan Laut (Pandanus odorifer) terhadap Bakteri Staphylococcus aureus. ALOTROP: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, Vol. 4 (1), hal. 42-50.
Putri, M. 2021 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impor Gula Indonesia. [Skripsi]. Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Padang. Padang
Rumagit, H. M., Runtuwene, M. R., dan Sudewi, S. 2015. Uji Fitokimia dan Uji Aktivitas Antioksidan dari Ekstrak Etanol Spons Lamellodysidea herbacea. PHARMACON: Jurnal Ilmiah Farmasi – UNSRAT, Vol. 4 (3), hal. 183-192.
Sari, K. dan Pato, U. 2022. Pemanfaatan Buah Nipah dan Umbi Bit pada Pembuatan Fruit Leather. Jurnal Sagu, 21(2), 54.
Sarungallo, Z., Susanti, C., Sinaga, N., Irbayanti, D., & Latumahina, R. 2018. Kandungan Gizi Buah Pandan Laut (Pandanus tectorius Park.) pada Tiga Tingkat Kematangan. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 7(1), 21-26
Wilson I D, Michael C, Colin F P, Edward R A. 2000. Encyclopedia of Separation Science. Academic Press. 118-11.
Published
2024-07-25
How to Cite
SulthoniyahSiti Tsaniyatul Miratis, SaktiWidhi Winata, RachmawatiNandya Fitri, PutraAlfarado Bagus Prastyo, and Fenik. 2024. “ANALISA FITOKIMIA GULA DARI BUAH PANDAN LAUT (Pandanus Tectorius)”. JURNAL LEMURU 6 (2). https://doi.org/10.36526/jl.v6i2.4150.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2