DINAMIKA KELOMPOK PENGOLAH HASIL PERIKANAN (POKLAHSAR) “KAMILAH’’ DI KELURAHAN PEJALA KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

  • Bambang Indratno Gunawan Universitas Mulawarman
  • Eko Sugiharto Universitas Mulawarman
  • Muhammad Suhri Universitas Mulawarman
Keywords: Dinamika Kelompok, Poklahsar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat dinamika kelompok pengolah hasil perikanan KAMILAH Di Kelurahan Pejala Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara; 2) Mengetahui profil kelompok poklahsar kamilah. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah responden yang diambil sebanyak  10 oramg anggota kelompok poklahsar KAMILAH. Metode analisis yang digunakan adalah skala Likert untuk menganalisis  tingkat dinamika kelompok . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat dinamika  kelompok poklahsar KAMILAH pada setiap indikator tujuan kelompok, struktur kelompok, pembinaan dan pengembangan kelompok, kekompakan kelompok, suasana kelompok, tekanan kelompok, keefektifan kelompok, maksud terselubung berada pada kategori dinamis sedangkan indikator fungsi dan tugas pada kategori sedang. Secara akumulasi keseluruhan tingkat dinamika kelompok poklahsar KAMILAH  pada kategori tinggi dengan nilai skor 74,4 . Hal ini dapat disimpulkan bahwa  kelompok poklahsar KAMILAH  tidak slalu dalam kondisi statis, tetapi berada pada kondisi dinamis  yang berubah dalam kehidupan kelompok.

Author Biographies

Bambang Indratno Gunawan, Universitas Mulawarman

Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Eko Sugiharto, Universitas Mulawarman

Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Penajam Paser Utara 2022.
Daniaty. 2003. Dinamika Kelompok Tani Hutan Rakyat. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. Departemen Kehutanan. Kertayasa.
Haqiqiansyah, G. Fidhiani, Diah, D. Sulistianto, E. 2016. Analisis Dinamika Kelompok Tani Nelayan di Pesisir Kota Bontang. Jurnal Ilmu Perikanan Tropis Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Universitas Mulawarman, Samarinda. 1-9. Diakses Tanggal. 18 November 2019.
Published
2023-07-29
How to Cite
GunawanBambang Indratno, SugihartoEko, and Muhammad Suhri. 2023. “DINAMIKA KELOMPOK PENGOLAH HASIL PERIKANAN (POKLAHSAR) “KAMILAH’’ DI KELURAHAN PEJALA KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA”. JURNAL LEMURU 5 (2), 299-312. https://doi.org/10.36526/jl.v5i2.2636.