SINTESIS GELATIN DARI LIMBAH TULANG IKAN KOTA KUPANG MELALUI HIDROLISA DALAM JENIS ASAM YANG BERBEDA

  • Kumala Sari Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ferdinandus Makung Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Gufran Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Sintesis, Limbah Tulang Ikan, Larutan Asam, Kupang

Abstract

Larutan asam diketahui mampu merubah tulang ikan menjadi produk yang memiliki nilai tambah berupa gelatin. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan gelatin tulang ikan melalui perendaman dengan perbedaan kategori larutan asam 4% dan waktu ekstraksi yang sama. Prosedur kerja dalam penelitian yaitu tulang ikan direndam kedalam 3 (tiga) perlakuan : HCl 4%, CH3COOH 4%, dan H2SO44%, hasil ekstraksi lalu di oven sampai kering lalu digerus menjadi gelatin. Metode penelitian adalah metode eksperimen sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwa larutan asam sulfat dengan waktu ekstrasi selama 7 jam memiliki hasil terbaik dengan kandungan air 9,84%, kandungan abu 0,05%, pH 5,3, viskositas 10,8, dan kekuatan gel 283,44%, waktu ekstrasi asam klorida nilai terendah 5,2 dan asam cuka dengan nilai 5,1.

Author Biographies

Ferdinandus Makung, Universitas Muhammadiyah Kupang

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Gufran, Universitas Muhammadiyah Kupang

Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

References

DAFTAR PUSTAKA

Choi,S.S.,Regenstein.J.M.2000.Physicochemical end sensory characteristic of fish Gelatin. J.food Sci. 65(2):194-199.
Dewantoro,R.A.2003. Proses Pengelolaan Limbah Cair Pada Usaha Pembekuan Ikan di PT. ILUFA-Pasuruan Jawa Timur. Karya Ilmiah Praktek Akhir, Akademi Perikanan Sidoarjo, DKP Jawa Timur.
Handoko, T.Sherly,O.R. dan Isabella S. 2011. Pengaruh Jenis dan Konsentrasi Asam, Temperatur dan Waktu Ekstraksi Terhadap Karakteristik Fhis Glue dari Limbah IkanTenggiri. Jurnal Reaktor.13(4):237-241.
Johns P. 1997. The structure of composition of collagen containing tissue. Di dalam: Ward AG dan Courts A, editor. The Science of Tchnology of Gelatin. New York: Academic press.
Jannah, A 2007. Pembuatan gelatin halal dari tulang ikan bandeng (CHNOS chnos forskal) (sebagai alternatif pembuatan gelatin halal). (laporan penelitian). LEMLIT UIN Malang
Junianto. 2006. Produksi Gelatin Dari Tulang Ikan dan Pemanfatannya Sebagai Bahan dasar Pembuatan Cangkang Kapsul. Fakultas Perikanan dan ilmu Kelautan. Universitas Padjajaran.
Published
2023-02-22
How to Cite
Sari, Kumala, MakungFerdinandus, and Gufran. 2023. “SINTESIS GELATIN DARI LIMBAH TULANG IKAN KOTA KUPANG MELALUI HIDROLISA DALAM JENIS ASAM YANG BERBEDA”. JURNAL LEMURU 5 (1), 137-43. https://doi.org/10.36526/jl.v5i1.2419.