PENGARUH WALL BOUNCE INDIVIDU DAN BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN DAN SIKAP PASSING BAWAH BOLAVOLI

  • Sakip Program Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Gempur Santoso Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sumardi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Bolavoli, Siswa, Pasing Bawah, Wall Bounce

Abstract

Tujuan penelitian yaqng dilakukan di SMP Aswaja Legung adalah bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengaruh metode pembelajaran passing bawah wall bounce individu dan kelompok berpasangan terhadap kemampuan dan sikap passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Islam Aswaja Legung Barat Batang Batang Sumenep.  Jenis penelitian adalah eksperimen, rancangan penelitian menggunakan pres tes post randomized control group desain, populasi dalam penelitian yang dilakukan adalah siswa SMP Aswaja Legung dan sampel penelitian yang merupakan siswa SMP adalah siswa kelas VIII 40 orang siswa. Jumlah sampel yang sudah  diperoleh sebanyak  40 siswa putra dibagi menjadi dua kelompok,  (1) kelompok pembelajaran passing secara individu, dan (2) kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran wall bounce. Tes yang digunakan adalah tes passing dan untuk analisis data dengan menggunakan uji multivariate yakni manova. Hasil penelitian menunjukan  bahwa untuk memperoleh hasil yang diharapkan sesuai dengan rancangan mulai dari  dari uji normalitas data yakni dengan taraf signifikan 0.05 hasil uji lebih besar dari alfa yakni 0,759, 0.988 dan 0.988 berdistribusi normal, uji homogenitas data dengan taraf signifikansi di atas 0.05 hasil uji lebih desar dari alfa, 0.800, 0.208, 0.232 sehingga dinyatakan data homogen, yang diteruskan pada hasil analisis multivariate hasil uji manova pada kolom di atas dengan menggunakan 4 model statistik meliputi Pillai’s, Wilks Lambda, q Hotellingq Tace dan Roy’s Largest Rootq didapatkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05q (p<0.05) yang artinya H0 ditolak atau terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara masing-masing variabel. Simpulan dari penelitian bahwa ada pengaruh untuk metode pembelajaran pasing bawah wall bounce individu dan kelompok berpasangan terhadap kemampuan dan sikap pasing bawah bolavoli pada siswa SMP.  (2) Kelompok pasing dengan wall bounce memiliki kemampuan pasing lebih baik dan sikap pasing yang lebih baik, dibandingkan kelompok pasing berpasangan untuk kemampuan pasing dan sikap pasing.

References

Asri Ikhwan Abduh, 2016, Peningkatan Pembelajaran Pasing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instructions) Pada Siswa Kelas V SD No. 1 Pesaku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi, E-Journal Physical Education, Health and Recreation 4 (1) Halaman 1-15.
Ernailis. (2016). “Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Strategi Pembelajaran Sesama Teman Pada Ssiswa Kelas IV SD Negri 001 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kapar”. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 05, 60-61.
IMG Arta Mahardika, AAIN Marhaeni, K Widiartini, 2015, Pengaruh Variasi Pelatihan Passing Terhadap Kemampuan Melakukan Passing Atas Pada Permainan Bolavoli Pada Siswa SMALB SLB B Negeri Sidakarya Tahun Ajaran 2014/2015, e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5 (1), Halaman 1-8.
Iskandar, Yulianingsih, 2015, Peningkatan Keterampilan Pasing Atas Dalam Permainan Bolavoli, Melalui Metode Bermain Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Jurnal Pendidikan Olahraga 4 (2) 157-169.
Mutohir, Muhammad Muhyi F, Slamet Djunaidi, Lani, 2013, Konsep, Teknik, Metode dan Modifikasi Dalam Permainan BolaVoli, Java Pustaka, Surabaya.
Muhammad Muhyi F, 2009, Peningkatan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Bolavoli, Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo), Jakarta.
Muhammad Muhyi, F, 2006, Pendidikan Jasmani Kelas 1 Sekolah Menengah Pertama, Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sugiono., 2015, Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2006, Metode Penelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktis, RIneka Cipta, Jakarta.
Published
2020-04-20
How to Cite
Sakip, Gempur Santoso, & Sumardi. (2020). PENGARUH WALL BOUNCE INDIVIDU DAN BERPASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN DAN SIKAP PASSING BAWAH BOLAVOLI . Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 66-71. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.858

Most read articles by the same author(s)