PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN FUTBAS TERHADAP KETEPATAN PASSING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA

  • Moh. Karimullah UNIPA Surabaya
  • Sumardi UNIPA Surabaya
  • Santika Rentika Hadi UNIPA Surabaya
Keywords: Modifikasi, Futbas, Ketepatan Passing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan ketepatan passing siswa pada ekstra kurikuler futsal dengan menggunakan metode futbas. Pelatihan ketepatan futsal dengan metode modifikasi ini untuk mempermudah guru ekstra futsal dan sebagai salah satu alternative metode modifikasi yang bisa digunakan oleh pelatih atau guru dalam aktivitas pembelajaran ekstra futsal. Penelitian ini menggunakan desain true experimental. Jadi cirinya ialah adanya kelompok kontrol dan sampel dipilih secara random. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan sampel siswa ekstra kurikuler futsal dengan jumlah 52 siswa yang terbagi dalam dua kelompok yaitu eksperimen dan kontrol dengan masing-masing jumlah 26 siswa dalam satu kelompok dengan menggunakan teknik random sampling. Dari hasil uji normalitas untuk mengetahi pengaruh permainan futbas terhadap ketepatan passing bahwa dari pre-test sebelum ada perlakuan pada hasil normalitas Kolmogorov-Smirnov sebesar 0,167 dan hasil P Value lebih besar dari α = 0,05, maka data terdistribusi normal. Untuk uji homogenitas Ternyata pengujian dengan statistik Based on Mean data pre-test diperoleh signifikansi 0,750 jauh melebihi 0,05. Untuk statistik Based on Mean data hasil post-test diperoleh signifikan 0,709. Dengan demikian data penelitian di atas homogen. Hasil dari penelitian terdahulu dibandingkan dengan ini tentang modifikasi permainan yang ada di sepak futsal yaitu dapat dijelaskan sebagai berikut mengkonsultasikan nilai thitung dan nilai ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel atau nilai thitung 10,462> nilai ttabel 1,708 dengan kata lain terdapat pengaruh permainan Futbas terhadap ketepatan passing boladi kelas XII di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya data peningkatan hasil penelitian dari keterampilan awal pre-test ketepatan passing bola sampai post-test terdapat peningkatan sebesar 35%.

References

Adang, S., & Agus, M. (2001). Menuju Perkembangan Menyeluruh Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Umum. Depdiknas.

Ardianto, F. (2016). Meningkatkan pembelajaran passing sepakbola melalui modifikasi permainan crossbar colour pada siswa kelas v sd negeri kertayasa 02 kecamatan kramat kabupaten tegal tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik.jakarta: Asdi mahasatya. Jakarta: Asdi mahasatya.

Asbanu, R., Kaswari, K., & Triansyah, A. (2018). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Passing Bola Futsal Pada Ekstrakurikuler SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4).

Candra, A. T., & Setiawan, W. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Gaya Menyamping Menggunakan Alat Bantu Modifikasi Bola Kasti. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(1).

Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes & Pengukuran dala Olahraga. CV. Andi Offset.

Freeman. (2001). Pendidikan Jasmani. Depdikbud Dirjendikti.

Kahansyah, I., Subarjah, H., & Supriyadi, T. (2018). Pengaruh Modifikasi Permainan Kucing-Kucingan Terhadap Kemampuan Passing Pada Permainan Sepak Bola. Jurnal Sportive, 3(1).

Mahendra, A. (2003). Falsafah Pendidikan Jasmani. Direktorat Pendidikan Luar Biasa.

Mubaligin, H., & Candra, A. T. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Metode Bermain Lompat Dan Loncat Lingkaran Berjenjang Kelas VII MTs Negeri 11 Banyuwangi. Jurnal Kejaora, 3(1).

Putra, R. B. S., Mubin, D., & Candra, A. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Chest PassDengan Menggunakan Metode Bermain TrianglePada Siswa Kelas VIII MTsN Banyuwangi. Jurnal Kejaora, 4(1).

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar.

Soniawan, V., & Irawan, R. (2018). Metode Bermain Berpengaruh Terhadap Kemampuan Long Passing Sepakbola. Jurnal Performa Olahraga, 3(01).

Widodo, & Widayanti, L. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Viia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, XVII(49).

Published
2021-04-24
How to Cite
Moh. Karimullah, Sumardi, & Santika Rentika Hadi. (2021). PENGARUH MODIFIKASI PERMAINAN FUTBAS TERHADAP KETEPATAN PASSING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMA MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 181-188. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1233