PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT OLEH GURU PENJAS KOTA BANDAR LAMPUNG

  • Lungit Wicaksono Universitas Lampung
  • Dimas Duta Putra Utama Universitas Lampung
Keywords: ICT,Pengetahuan, Penggunaan, Pemahaman

Abstract

Penggunaan Media Pembelajaran Information, Communication and Technology (ICT) dunia pendidikan sudah menjadi kebutuhan yang mendasar untuk meningkatkan proses pendidikan. Penggunaan ICT pada guru olahraga (penjasorkes) baik di sekolah dasar dan menengah di Kota Bandar Lampung relatif minim. Hal ini ditunjukan oleh masih sedikit jumlah guru menggunakan media ICT dalam pembelajaran gerak yang sangat cepat dan sulit diamati secara langsung. Kemampuan ICT yang dimiliki setiap guru Penjasorkes berbeda-berbeda baik dari penerapan maupun implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran berbasis ICT bagi guru penjasorkes di Kota Bandar Lampung. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Prosedur pengumpulan data memalui angket yang disebar pada guru Penjasorkes. Teknik analisis pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian yang dilakukan kepada  guru Penjasorkes di Kota Bandar Lampung sekolah dasar dan menegah menunjukan pada kategori sering menggunakan 38 guru dengan persentase 41,30% ini dikategorikan pada sering memanfaatkan ICT dan digunakan dalam pembelajaran rata-rata 8x persemester, kategori Sering 19 Guru dengan presentase 20,65% dengan kategori memanfaatkan ICT namun tidak sering dilihat dari 6x pertemuan persemester, kategori sedang 14 Guru dengan persentase 15,21% guru dalam memanfaatkan ICT kategori sedang  karena kurangnya pengetahuan dan penggunaan ICT tersebut, Kategori Kurang 9 Guru dengan persentase 9,78% kurang memanfaatkan ICT karena fasilitas yang terbatas dan pengetahuan guru tentang ICT yang kurang, dan kategori kurang sekali menggunakan 8 guru dengan persentase 8,69% dalam pemanfaatan ICT Persemester kurang 2 kali mengggunakan. Dengan demikian guru sudah memanfaatkan ICT sebagai media pembelajaran, namun belum maksimal digunakan karena kondisi media pembelajaran dari fasilitas sudah memadai akan tetapi dengan jumlah yang terbatas serta perlu adanya pelatihan.

References

Aip, S dan Nurhadi, S. (2009). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud Dirjen Perguruan Tinggi.

Basuki, S. (2016). Pendekatan Saintifik pada Penjasorkes Dalam Rangka Membentuk Jati Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Jasmani: Univeristas Lambung Mangkurat. 12(2) , 117-124.

BSNP. 2011. Laporan BSNP Tahun 2010. Jakarta.

Erawati, D dkk. (2015).Peranan Tik Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Tesis. Program Studi (S2) Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Jakarta.

Mayasari, T. dkk. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21?. JPFK. II(1): 48 – 55.

Rahim, M.Y. (2011). Pemanfaatan ICT sebagai Media Pembelajaran dan Informasi pada UIN Alauddin Makasar: Sulesana 6(2) : 127-135.

Redhana, I.W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, XIII(1): 2239 – 2253.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT, Prosiding of Workshop Nasional Surakarta; 1-12.

Swadesi, I.K.I.K, dan Nyoman, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PJOK berbasis ICT di SMP: Seminar Nasional Riset Inovatif 2018, SENARI ke -6: 274-281.

Wahyuningtyas, C. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Oleh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sekolah Dasar Di Upt Wilayah Selatan Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Penjas SD, Universitas Negeri Yogyakarta :Yogyakarta.

Wijaya, M.A. (2011). Buku Ajar Prinsip-Prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Universitas Pendidikan Ganesha: Singaraja.

Wulandari, S. (2016). Kinerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (Lpmp) Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Profesionalisme Tenaga Pendidik Di Bandar Lampung (Skripsi). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

Yusuf, E.A. (2010). Pemanfaatan ICT Dalam Pendidikan. Kebijakan Dan Standarisasi Mutu,Dosen Pasca Sarjana Unpak.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran, Seminar Nasional Pendidikan. Sintang– Kalimantan Barat; 1-17.

Published
2020-04-13
How to Cite
Lungit Wicaksono, & Dimas Duta Putra Utama. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT OLEH GURU PENJAS KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 41-49. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.846