Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Menumpu Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Siswa Kelas VIII A MTs Unggulan Nuris Jember

  • Ahmad Bahriyanto Universitas Muhammadiyah Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada lompat jauh gaya menggantung khususnya pada teknik menumpu dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas VIII A MTs Unggulan Nuris Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Unggulan Nuris Jember. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan menumpu siswa selama mengikuti pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dari siklus ke siklus. Pada siklus 1 dari aspek ketepatan kaki pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 52,51%, aspek posisi badan yang melakukan dengan benar sebesar 67,77%, aspek gerakan tumpuan kaki tumpu pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 90,90%, dan pada aspek ayunan kaki dan lengan yang melakukan dengan benar sebesar 57,57%. Dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan terhadap penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung khususnya pada teknik menumpu yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat sebelum tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada akhir tindakan. Untuk hasil dari siklus 2 juga menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung khususnya pada teknik menumpu dengan masing masing taraf keberhasilan dari aspek menumpu diantaranya, dari aspek ketepatan kaki pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 93,94%, aspek posisi badan yang melakukan dengan benar sebesar 100%, aspek gerakan tumpuan kaki tumpu pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 100%, dan pada aspek ayunan kaki dan lengan yang melakukan dengan benar sebesar 96,97%. Selain hasil persentasi mengenai teknik menumpu pada lompat jauh gaya menggantung diperoleh pula hasil pengamatan sikap siswa pada saat proses pembelajaran, pada siklus 1 siswa melakukan pemanasan sendiri tanpa didampingi oleh guru, siswa yang terlambat tidak ditegur oleh guru, dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru saat guru menjelaskan. Namun pada siklus 2 sudah  terlihat peningkatan yang cukup baik dibandingkan dengan siklus 1, pada siklus 2 ini sudah tidak ada siswa yang terlambat, siswa melakukan proses belajar dengan baik, dan siswa sudah menguasai keterampilan menumpu dengan baik dan benar.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta

Ekawarna, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada.

Evaluasi Belajar Mandiri. Solo: PT. Media Karma. (Lembar Kerja Siswa).

Furqon H, M. 2006. Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Gerry A. Carr. 2000. Atletik Untuk Sekolah. PT RajaGrafindo. Jakarta.

SaputraY,P. 2001. Dasar- Dasar Keterampilan Atletik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar & Menengah.

Suherman, Adang. 2001. Pembelajaran Atletik. Depdiknas. Jakarta.

Universitas Negeri Malang. 2011. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Winarno, M.E. 2007. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wiriaatmaja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2019-10-14
How to Cite
Ahmad Bahriyanto. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Menumpu Lompat Jauh Gaya Menggantung Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Siswa Kelas VIII A MTs Unggulan Nuris Jember. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 4(1), 21-26. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/618