Analisis Kebiasaan Senam Anak Indonesia Hebat terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa di SMPN 9 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5569Keywords:
Kebugaran Jasmani; Senam Anak Indonesia Hebat; Siswa SMP; Aktivitas FisikAbstract
Tujuan dari penelitian ini guna menganalisis pengaruh kebiasaan senam anak indonesia hebat terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa di SMP Negeri 9 Semarang. Latar belakang studi ini berangkat dari kekhawatiran menurunnya aktivitas fisik siswa akibat perkembangan teknologi, sehingga sehingga di perlukan intervensi berupa kegiatan senam yang terstruktur. Penelitian yang digunakan pada artikel ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi yang digunakan terdiri dari 64 siswa kelas VIII, dan data diperoleh melalui instrumen Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) yang meliputi komponen IMT, fleksibilitas, kekuatan otot, daya tahan, dan kapasitas aerobik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori kebugaran jasmani “Baik” sebesar 41%, dengan rata-rata nilai kebugaran 2,7. Kegiatan senam yang dilakukan secara rutin sebelum pembelajaran terbukti mampu meningkatkan aspek fisik siswa dan mendukung kesiapan mental dalam belajar. Kesimpulannya, program senam ini efektif dalam membentuk kebiasaan hidup sehat di lingkungan sekolah.
References
Amadea, N. (2024). Implementasi Permainan Bintang Beralih Di Pelajaran Pjok Sebagai Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Sekolah Dasar Fase B Sd Laboraorium Um Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 9. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i2.2024.9
Apriyanto, K. D. (2020). Profil Daya Tahan Jantung Paru, Fleksibiltas, Kelincahan Dan Keseimbangan Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Fik Uny. Medikora, 19(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/medikora.v19i1.30884
Ari Iswanto. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Efektif. Majalah Ilmiah Olahraga, 48(2), 39–62. www.ine.es
Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5), 218–234. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234
Asri, N., & Lely Octaviana, E. S. (2021). Aktivitas Olahraga Di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 53. https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5213
Astiti Adi, L. P., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2022). Motivasi Peserta Didik Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 96–102. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.47237
Bariyah, K., Ashari, I. A., & Yuliawan, E. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Masyarakat Jambi Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(2), 156–165. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i2.21544
Fadilah Azzahra, F., & Tarigan, B. (n.d.). JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan) Analisis Penerapan Pembelajaran Senam Irama Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan: Systematic Literature Review.
Far’am, F. N. Y., Indahwati, N. I., Wibowo, S. W., & Ningsih, Y. F. N. (2024). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Ekstrakurikuler Bolavoli Di Smpn 2 Ponorogo Dan Smpn 1 Badegan, Ponorogo. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(1), 143–149. https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i1.3702
Ginting, sastro desmianto, Warni, herita, & Arifin, S. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 172–183. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2155
Hasanah, S., & Muzaffar, A. (2022). Minat Siswa Kelas IX Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(1), 100–109. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19355
Hendriana, Y. (2023). Hubungan kualitas tidur dan penggunaan lampu saat tidur dengan kebugaran tubuh mahasiswa program studi S1 Keperawatan Kampus STIKes Kuningan. Journal of Nursing Practice and Education, 3(2), 179–188. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.710
Karina Nur Safitri, Salma Irdhillah, Mila Deskia, Moch Fitran Naufaldy, Restu Rahayu, Nazwa Kusumawicitra, Selvi Triwanvi, Agus Mulyana, & Agus Mulyana. (2024). Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 44–56. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2108
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Nurhayati, A. N. S., Yulianingsih, Y., & Nursihah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung). AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 012. https://doi.org/10.69552/alihsan.v4i1.1657
Pakaya, S., & Datau, S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Senam Aerobik “Fun Young” Pada Materi Senam Irama Di SMP Negeri 1 Suwawa Timur. 2(3). https://doi.org/10.37905/jrpi.v2i3.31754
Priadana, B. W., & Suwandi, E. (2023). Identifikasi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sugihwaras. Physical Activity Journal, 4(2), 187. https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.4.2.7894
Putri D. T., Soenyoto, T., Raharjo, A., Adi, A., Darmawan, A., & Billiandri, B. (2025). Pengembangan Roller Math untuk Pesenam Artistik Pemula di Jawa Tengah. Jurnal Porkes, 8(1), 490–499. https://doi.org/10.29408/porkes.v8i1.29911
Rozikin, M. K., Roesdiyanto, R., Supriatna, S., & Rahayuni, K. (2023). Survei Minat Masyarakat Untuk Melakukan Aktivitas Olahraga Setelah PPKM di Stadion Maulana Yusuf Serang. Sport Science and Health, 5(3), 345–352. https://doi.org/10.17977/um062v5i32023p345-352
Setyawan, R., Hendrawan, K. T., & Nenggar, A. H. (2022). Survei Aktivitas Jasmani pada Waktu Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMA Budi Utomo Jombang Tahun Ajaran 2021/2022. JOURNAL RESPECS, 4(2), 64–72. https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2636
Sinulingga, N. N. (2025). Membangun Karakter Sehat dan Berakhlak Mulia melalui 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 109. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v9i1.2941
Sugiantara, K. D. (2022). Minat Menjaga Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 30–35. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.42485
Supariyadi, T., Mahfud, I., & Marsheilla Aguss, R. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. Journal of Arts and Education, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.109
Suwardi, S., Badaru, B., Ihsan, A., & Sulfitriyono, S. (2022). Pengaruh Latihan H-Movement Dan X- Pattern Multi Skill Terhadap Kelincahan Dalam Permainan Sepak Bola Di Sma Negeri 10 Gowa. Sportive: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 6(2), 148. https://doi.org/10.26858/sportive.v6i2.36495
Taufy Y, A., Nubatonis, S., & Kondarus Dawi, F. (2025). Penerapan Senam Kreasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani bagi Seluruh Siswa SD Inpres Tobu. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5421
Wahyono, M., Susanto, N., Harmono, B. A., & Cahyono, F. D. (2022). Media Sirkuit Ladder Drill Terhadap Peningkatan Kecepatan Dan Kelincahan Siswa Min 1 Bojonegoro. JURNAL STAMINA, 5(5), 210–217. https://doi.org/10.24036/jst.v5i5.1071
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Manarul Hidayat, Bertika Kusuma Prastiwi , Muh Isna Nurdin Wibisana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

.png)
.png)



.png)


.png)
