Analisis Kebiasaan Senam Anak Indonesia Hebat terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa di SMPN 9 Semarang

Authors

  • Manarul Hidayat Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi Universitas PGRI Semarang
  • Muh Isna Nurdin Wibisana Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5569

Keywords:

Kebugaran Jasmani; Senam Anak Indonesia Hebat; Siswa SMP; Aktivitas Fisik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini guna menganalisis pengaruh kebiasaan senam anak indonesia hebat terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa di SMP Negeri 9 Semarang. Latar belakang studi ini berangkat dari kekhawatiran menurunnya aktivitas fisik siswa akibat perkembangan teknologi, sehingga sehingga di perlukan intervensi berupa kegiatan senam yang terstruktur. Penelitian yang digunakan pada artikel ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei. Populasi yang digunakan terdiri dari 64 siswa kelas VIII, dan data diperoleh melalui instrumen Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) yang meliputi komponen IMT, fleksibilitas, kekuatan otot, daya tahan, dan kapasitas aerobik. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa mayoritas siswa berada pada kategori kebugaran jasmani “Baik” sebesar 41%, dengan rata-rata nilai kebugaran 2,7. Kegiatan senam yang dilakukan secara rutin sebelum pembelajaran terbukti mampu meningkatkan aspek fisik siswa dan mendukung kesiapan mental dalam belajar. Kesimpulannya, program senam ini efektif dalam membentuk kebiasaan hidup sehat di lingkungan sekolah.

 

References

Amadea, N. (2024). Implementasi Permainan Bintang Beralih Di Pelajaran Pjok Sebagai Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Sekolah Dasar Fase B Sd Laboraorium Um Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(2), 9. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i2.2024.9

Apriyanto, K. D. (2020). Profil Daya Tahan Jantung Paru, Fleksibiltas, Kelincahan Dan Keseimbangan Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Fik Uny. Medikora, 19(1), 17–23. https://doi.org/10.21831/medikora.v19i1.30884

Ari Iswanto. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Efektif. Majalah Ilmiah Olahraga, 48(2), 39–62. www.ine.es

Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5), 218–234. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234

Asri, N., & Lely Octaviana, E. S. (2021). Aktivitas Olahraga Di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 53. https://doi.org/10.31851/hon.v4i1.5213

Astiti Adi, L. P., Kanca, I. N., & Artanayasa, I. W. (2022). Motivasi Peserta Didik Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 96–102. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.47237

Bariyah, K., Ashari, I. A., & Yuliawan, E. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Masyarakat Jambi Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 7(2), 156–165. https://doi.org/10.22437/jptd.v7i2.21544

Fadilah Azzahra, F., & Tarigan, B. (n.d.). JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan) Analisis Penerapan Pembelajaran Senam Irama Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan: Systematic Literature Review.

Far’am, F. N. Y., Indahwati, N. I., Wibowo, S. W., & Ningsih, Y. F. N. (2024). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Didik Ekstrakurikuler Bolavoli Di Smpn 2 Ponorogo Dan Smpn 1 Badegan, Ponorogo. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(1), 143–149. https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i1.3702

Ginting, sastro desmianto, Warni, herita, & Arifin, S. (2022). Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 172–183. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2155

Hasanah, S., & Muzaffar, A. (2022). Minat Siswa Kelas IX Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMPN 11 Muaro Jambi. Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 4(1), 100–109. https://doi.org/10.22437/ijssc.v4i1.19355

Hendriana, Y. (2023). Hubungan kualitas tidur dan penggunaan lampu saat tidur dengan kebugaran tubuh mahasiswa program studi S1 Keperawatan Kampus STIKes Kuningan. Journal of Nursing Practice and Education, 3(2), 179–188. https://doi.org/10.34305/jnpe.v3i2.710

Karina Nur Safitri, Salma Irdhillah, Mila Deskia, Moch Fitran Naufaldy, Restu Rahayu, Nazwa Kusumawicitra, Selvi Triwanvi, Agus Mulyana, & Agus Mulyana. (2024). Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasar: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 44–56. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i2.2108

Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23

Nurhayati, A. N. S., Yulianingsih, Y., & Nursihah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelompok B RA Al Patwa Cicukang Kabupaten Bandung). AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 012. https://doi.org/10.69552/alihsan.v4i1.1657

Pakaya, S., & Datau, S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Senam Aerobik “Fun Young” Pada Materi Senam Irama Di SMP Negeri 1 Suwawa Timur. 2(3). https://doi.org/10.37905/jrpi.v2i3.31754

Priadana, B. W., & Suwandi, E. (2023). Identifikasi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sugihwaras. Physical Activity Journal, 4(2), 187. https://doi.org/10.20884/1.paju.2023.4.2.7894

Putri D. T., Soenyoto, T., Raharjo, A., Adi, A., Darmawan, A., & Billiandri, B. (2025). Pengembangan Roller Math untuk Pesenam Artistik Pemula di Jawa Tengah. Jurnal Porkes, 8(1), 490–499. https://doi.org/10.29408/porkes.v8i1.29911

Rozikin, M. K., Roesdiyanto, R., Supriatna, S., & Rahayuni, K. (2023). Survei Minat Masyarakat Untuk Melakukan Aktivitas Olahraga Setelah PPKM di Stadion Maulana Yusuf Serang. Sport Science and Health, 5(3), 345–352. https://doi.org/10.17977/um062v5i32023p345-352

Setyawan, R., Hendrawan, K. T., & Nenggar, A. H. (2022). Survei Aktivitas Jasmani pada Waktu Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMA Budi Utomo Jombang Tahun Ajaran 2021/2022. JOURNAL RESPECS, 4(2), 64–72. https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.2636

Sinulingga, N. N. (2025). Membangun Karakter Sehat dan Berakhlak Mulia melalui 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 9(1), 109. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v9i1.2941

Sugiantara, K. D. (2022). Minat Menjaga Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 30–35. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.42485

Supariyadi, T., Mahfud, I., & Marsheilla Aguss, R. (2022). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Penjas Tahun 2021. Journal of Arts and Education, 2(2), 60–71. https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.109

Suwardi, S., Badaru, B., Ihsan, A., & Sulfitriyono, S. (2022). Pengaruh Latihan H-Movement Dan X- Pattern Multi Skill Terhadap Kelincahan Dalam Permainan Sepak Bola Di Sma Negeri 10 Gowa. Sportive: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 6(2), 148. https://doi.org/10.26858/sportive.v6i2.36495

Taufy Y, A., Nubatonis, S., & Kondarus Dawi, F. (2025). Penerapan Senam Kreasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani bagi Seluruh Siswa SD Inpres Tobu. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5421

Wahyono, M., Susanto, N., Harmono, B. A., & Cahyono, F. D. (2022). Media Sirkuit Ladder Drill Terhadap Peningkatan Kecepatan Dan Kelincahan Siswa Min 1 Bojonegoro. JURNAL STAMINA, 5(5), 210–217. https://doi.org/10.24036/jst.v5i5.1071

Additional Files

Published

2025-11-03

How to Cite

Hidayat, M., Prastiwi , B. K., & Wibisana, M. I. N. (2025). Analisis Kebiasaan Senam Anak Indonesia Hebat terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa di SMPN 9 Semarang. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(2), 262–268. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5569