Pengaruh Renang Gaya Bebas dan Gaya Katak Terhadap Motorik Kasar Anak Usia 6-7 Tahun di Myu Swimming Club

  • Priscilla Oktavia Ariani Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma Prastiwi Universitas PGRI Semarang
  • Danang Aji Setyawan Universitas PGRI Semarang
Keywords: Renang; Gaya Bebas; Gaya Dada; Keterampilan Motorik Kasar; Anak Usia 6-7 Tahun; Myu Swimming Club

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh renang gaya bebas dan gaya dada terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 6-7 tahun di Myu Swimming Club, serta mengidentifikasi gaya mana yang memberikan dampak lebih besar. Metode yang digunakan adalah desain eksperimental dengan pre-test dan post-test, yang melibatkan 24 anak yang dibagi menjadi dua kelompok. Hasil uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa kedua gaya renang secara signifikan meningkatkan kemampuan motorik kasar, termasuk lari cepat, kelincahan, keseimbangan, dan melempar bola. Namun, analisis uji-t sampel independen menunjukkan bahwa gaya bebas memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan dengan gaya dada. Temuan ini menunjukkan bahwa program renang dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak-anak, dengan gaya bebas menjadi pilihan yang lebih unggul. Kesimpulan ini memberikan wawasan bagi orang tua dan pelatih dalam memilih teknik renang yang sesuai untuk perkembangan anak.

References

Abidin, J., Eryani, E., Aliyah, F. H., Mustakimah, I., & Putri, N. A. (2023). Metode Pembelajaran Olahraga Renang dalam Meningkatkan Motorik Kasar di TK Pgri Merpati Babakan Pangandaran. Al-Abyadh, 6(2), 63–73.

Ananditha, A. C. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan motorik kasar pada anak toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 113–118.

Bramantha, H. (2023). TEKNIK RENANG: Macam-Macam Gaya dalam Berenang. EUREKA MEDIA AKSARA.

Darma, B. (2021). Statistika penelitian menggunakan SPSS (Uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t, uji F, R2). Guepedia.

Febrianta, Y. (2016). Alternatif Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Dengan Aktivitas Akuatik (Berenang). Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 85–95. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1269

Harmoko, H., & Sovensi, E. (2021). Analisis Teknik Renang Gaya Bebas pada Atlet Renang. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(1), 22–28.

Iksan, I., Umar, U., Argantos, A., & Denay, N. (2024). Analisis Keterampilan Teknik Dasar Renang Gaya Dada Atlet SeRia Aquatic. Gladiator, 4(3), 752–761.

Kiranida, O. (2019). Memaksimalkan Perkembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelajaran Penjaskes. Jurnal Tunas Bangsa, 6(2), 318–328. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/download/969/906/

Makbul, M. (2021). METODE PENGUMPULAN DATA DAN INSTRUMEN. PASCASARJANA UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Nofira, H., Masrun, M., Argantos, A., & Denay, N. (2024). Pengaruh Dry Land Kicking Exercise Terhadap Kecepatan Renang 50 Meter Gaya Bebas Atlet Searia aquatic Padang. Gladiator, 4(5), 1376–1387.

Purba, Y. O., Fadhilaturrahmi, Purba, J. T., & Siahaan, K. W. A. (2021). Teknik Uji Instrumen Penelitian Pendidikan. Widina Bhakti Persada Bandung.

Rahma, A. N. (2020). PENGARUH LATIHAN PUSH UP TERHADAP KECEPATAN RENANG GAYA DADA 50 METER PADA SISWA KELAS 11 SMA SEJAHTERA SURABAYA. (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana).

Rahman, K. I., & Khadijah, K. (2023). Optimalisasi Perkembangan Fisik Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 429–437.

Renggo, Y. R. (2022). Populasi Dan Sampel Kuantitatif. . Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, 43.

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Wicaksono, T., & Putri, W. S. K. (2020). Pengaruh Latihan Burpee dan Box Jump Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai dan Kecepatan Renang. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(1), 39. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n1.p39-47

Wulansari, S., Putri, F. I., & Rahman, I. F. (2024). Peluang dan Tantangan Digitalisasi Pendidikan Dalam Pencapaian SDGs 2030. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 129–137. https://mediacendekia.my.id/ojs/index.php/jppm/article/view/143%0Ahttps://mediacendekia.my.id/ojs/index.php/jppm/article/download/143/90

Yulianti, E. N., & Fithroni, H. (2019). Pengaruh Modifikasi Latihan Fisik Terhadap Kelincahan Pada Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun. Jurnal Kesehatan Olahraga, 07(2), 399–404.

Published
2025-05-04
How to Cite
Ariani, P. O., Prastiwi, B. K., & Setyawan, D. A. (2025). Pengaruh Renang Gaya Bebas dan Gaya Katak Terhadap Motorik Kasar Anak Usia 6-7 Tahun di Myu Swimming Club. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(1), 83-91. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5088