Persepsi Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Asistensi Mengajar di SD dan SMP Se-Kota Banjarbaru
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan asistensi mengajar yang harus diikuti oleh mahasiswa pendidikan jasmani, yang terdiri dari kegiatan akademik dan non-akademik disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana instruktur pembimbing melihat pembukaan, penutupan, dan deskripsi keterampilan belajar mahasiswa asisten pengajar di program studi pendidikan jasmani FKIP ULM. Penulis menyelesaikan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari perspektif objektif, penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif. Kuesioner didistribusikan sebagai bagian dari metode pengumpulan data. Teknik distribusi frekuensi, yang sering dikenal sebagai statistik deskriptif, digunakan dalam metode analisis data bersama dengan perhitungan persentase. 22 instruktur pembimbing dari sekolah dasar dan menengah pertama di Banjarbaru, tempat siswa memberikan bantuan pengajaran, menjadi sampel penelitian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan persepsi guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa asistensi mengajar pada kegiatan membuka pelajaran dengan persentase 60% berkategori “cukup”, pada kegiatan proses pembelajaran dengan persentase sebesar 51,5% berkategori “cukup”, dan pada kegiatan menutup pelajaran dengan persentase 56,3% berkategori “cukup”.
References
Afrilianti, R. D., Ulfah, M., & Achamdi. (2015). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Ekonomi Di SMK Pontianak. 1–13.
Aldin, L. M. (2024). PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN MENGAJAR MAHASISWA PLP PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN KENDARI DI MA DAN MTs ASY- SYAFI’IYAH.
Apriyanti, Marmawi, R., & Miranda, D. (2016). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Ppl Program Studi Pendidikan Guru Paud Fkip Untan Di Kota Pontanak. Ppl 1, 1–8.
Dara, F. (2024). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Ekonomi DI SMK Pontianak (pp. 1–97).
Fitriani, R., Erliana, M., Athar, A., & Rachman, A. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Masase Di Kecamatan Banjarbaru Utara. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(3), 1–6. https://doi.org/10.20527/mpj.v3i3.1495
Hermandi, W., Utomo, B. B., & Atmaja, T. S. (2021). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL-2 PPKn FKIP UNTAN Angkatan 2016. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44183
Kurniawati, J. (2021). Definisi Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543.
Lase, F. (2022). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Magang Tiga Di SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2020/2021. 16, 57–66.
Meha, A. M., & Bullu, N. I. (2021). Hubungan Kesiapan Mengajar Dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 412–420. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.323
Meje, M. N., Nggandung, Y., & Loe, A. P. (2022). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Pada Uptd Smp Negeri 1 Kupang. Journal Economic Education, Business and Accounting, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.35508/jeeba.v1i2.8700
Mulyati, S. (2019). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Ppl Bahasa Indonesia Fkip Uir Se-Kabupaten Siak Tahun Ajaran ….
Okta, R. P., & Hartono, S. (2020). TINGKAT PENGETAHUAN PENANGANAN CEDERA OLAHRAGA PADA MAHASISWA. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(2), 101–108.
Rasuli, M. (2022). Persepsi Guru Pamong Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Pendidikan Kimia (p. 49).
Rijaldi, R., Rakhman, A., & Mulhim, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pjok Ditinjauh Dari Tahap Perencanaan Dikecamatan Loksado. Educatio, 19(1), 115–124. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.25590
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10
Syahnur, A., Junaidi, & Akbar, A. (2024). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa PPL Di SMP Se-Kabupaten Aceh Besar. Serambi Milenial Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi E, 3(2), 107–113.
Wahyuningrum, D. I., & Tinambunan, J. (2021). Persepsi Guru Pamong terhadap Praktik Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL). Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 1(113), 101–108.
Widyasto, E. S. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Penjas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Atletik.
Copyright (c) 2025 Rahmat Hidayat, Arie Rakhman, Aryadi Rachman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.