Persepsi Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Asistensi Mengajar di SD dan SMP Se-Kota Banjarbaru

  • Rahmat Hidayat Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan FKIP ULM Banjarbaru
  • Arie Rakhman Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan FKIP ULM Banjarbaru
  • Aryadi Rachman Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan FKIP ULM Banjarbaru
Keywords: Guru Pamong; Persepsi; Asistensi Mengajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan asistensi mengajar yang harus diikuti oleh mahasiswa pendidikan jasmani, yang terdiri dari kegiatan akademik dan non-akademik disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana instruktur pembimbing melihat pembukaan, penutupan, dan deskripsi keterampilan belajar mahasiswa asisten pengajar di program studi pendidikan jasmani FKIP ULM. Penulis menyelesaikan penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dari perspektif objektif, penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian deskriptif. Kuesioner didistribusikan sebagai bagian dari metode pengumpulan data. Teknik distribusi frekuensi, yang sering dikenal sebagai statistik deskriptif, digunakan dalam metode analisis data bersama dengan perhitungan persentase. 22 instruktur pembimbing dari sekolah dasar dan menengah pertama di Banjarbaru, tempat siswa memberikan bantuan pengajaran, menjadi sampel penelitian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan persepsi guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa asistensi mengajar pada kegiatan membuka pelajaran dengan persentase 60% berkategori “cukup”, pada kegiatan proses pembelajaran dengan persentase sebesar 51,5% berkategori “cukup”, dan pada kegiatan menutup pelajaran dengan persentase 56,3% berkategori “cukup”.

References

Afrilianti, R. D., Ulfah, M., & Achamdi. (2015). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Ekonomi Di SMK Pontianak. 1–13.

Aldin, L. M. (2024). PERSEPSI GURU PAMONG TERHADAP PELAKSANAAN MENGAJAR MAHASISWA PLP PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN IAIN KENDARI DI MA DAN MTs ASY- SYAFI’IYAH.

Apriyanti, Marmawi, R., & Miranda, D. (2016). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Ppl Program Studi Pendidikan Guru Paud Fkip Untan Di Kota Pontanak. Ppl 1, 1–8.

Dara, F. (2024). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL Prodi Pendidikan Ekonomi DI SMK Pontianak (pp. 1–97).

Fitriani, R., Erliana, M., Athar, A., & Rachman, A. (2022). Persepsi Masyarakat Terhadap Masase Di Kecamatan Banjarbaru Utara. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(3), 1–6. https://doi.org/10.20527/mpj.v3i3.1495

Hermandi, W., Utomo, B. B., & Atmaja, T. S. (2021). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa PPL-2 PPKn FKIP UNTAN Angkatan 2016. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(1). https://doi.org/10.26418/jppk.v10i1.44183

Kurniawati, J. (2021). Definisi Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543.

Lase, F. (2022). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Magang Tiga Di SMA Swasta Santu Xaverius Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2020/2021. 16, 57–66.

Meha, A. M., & Bullu, N. I. (2021). Hubungan Kesiapan Mengajar Dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 412–420. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.323

Meje, M. N., Nggandung, Y., & Loe, A. P. (2022). Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Pada Uptd Smp Negeri 1 Kupang. Journal Economic Education, Business and Accounting, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.35508/jeeba.v1i2.8700

Mulyati, S. (2019). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Ppl Bahasa Indonesia Fkip Uir Se-Kabupaten Siak Tahun Ajaran ….

Okta, R. P., & Hartono, S. (2020). TINGKAT PENGETAHUAN PENANGANAN CEDERA OLAHRAGA PADA MAHASISWA. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(2), 101–108.

Rasuli, M. (2022). Persepsi Guru Pamong Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Pendidikan Kimia (p. 49).

Rijaldi, R., Rakhman, A., & Mulhim, M. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Pjok Ditinjauh Dari Tahap Perencanaan Dikecamatan Loksado. Educatio, 19(1), 115–124. https://doi.org/10.29408/edc.v19i1.25590

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Syahnur, A., Junaidi, & Akbar, A. (2024). Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mahasiswa PPL Di SMP Se-Kabupaten Aceh Besar. Serambi Milenial Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi E, 3(2), 107–113.

Wahyuningrum, D. I., & Tinambunan, J. (2021). Persepsi Guru Pamong terhadap Praktik Mengajar Mahasiswa Program Pengalaman Lapangan (PPL). Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 1(113), 101–108.

Widyasto, E. S. (2018). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru Penjas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Atletik.

Published
2025-05-01
How to Cite
Hidayat, R., Rakhman, A., & Rachman, A. (2025). Persepsi Guru Pamong terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Asistensi Mengajar di SD dan SMP Se-Kota Banjarbaru. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(1), 48-57. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i1.5143