Pengembangan Formulir Penilaian Kinerja Pelatih pada Cabang Olahraga Woodball

  • Salsabilla Navia Eka Putri Universitas Negeri Malang
  • Kurniati Rahayuni Universitas Negeri Malang
  • Prisca Widiawati Universitas Negeri Malang
  • Imam Hariadi Universitas Negeri Malang
  • Roesdiyanto Roesdiyanto Universitas Negeri Malang
Keywords: Instrumen; Kinerja Pelatih; Olahraga Woodball

Abstract

Olahraga woodball merupakan olahraga yang mempunyai potensi sangat besar untuk dikembangan sebab olahraga tersebut masih terbilang baru sehingga kinerja pelatih sangatlah dibutuhkan guna membantu anak-anak didiknya, untuk mengembangkan potensi serta mencapai prestasi yang optimal. Maka dari itu, studi ini ditujukan guna mengembangkan formulir penilaian kinerja pelatih cabang olahraga woodball. Penelitian dan pengembangan ini melibatkan 3 orang ahli validator meliputi 3 ahli kepelatihan woodball dengan lisensi kepelatihan minimal provinsi (C2), dengan metode pengembangan ADDIE dengan proses, (1) melakukan analisis kebutuhan dengan metode Forum Grub Discusion (FGD) dengan ahli woodball dan pengurus lembaga LP2O LANKOR, (2) Membuat dua rancangan desain produk formulir sesuai saran dan arahan dari para ahli validator, (3) Melakukan uji coba ahli dengan ahli validator, (4) revisi produk sesuai dari hasil uji ahli, (5) produk akhir  (6) Penyusunan artikel. Hasil studi menyatakan bahwa formulir penilaian kinerja pelatih pada cabang olahraga woodball ini layak digunakan dan sudah tervalidasi oleh 3 ahli kepelatihan woodball bersertifikat lisensi nasional. Penelitian pengembangan ini dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui sejauh mana wawasan dan keahlian pelatih dalam melatih anak didiknya dalam olahraga woodball.

References

Antunes, Hélio, Jorge Soares, José Rodrigues, and Sílvio Velosa. (2020). “Performance Appraisal Criteria of Coaches According to the Age Group of the Athletes and the Level of Sports Competition.” Advances in Physical Education 10(04):391–409.

Asmawi, Mochammad. (2022). “Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas.”

Budiarta, Wisnu. (2015). “Pemuda, Dan Olahraga DIY Dan BPO (Balai Pemuda Dan Olahraga) DIY. 8. Kedua Orang Tuaku Yang Tak Henti-Hentinya Memberikan Semangat Dan Dukungan. Penulis Menyadari Bahwa Laporan Ini Masih Jauh Dari Kesempurnaan, Oleh Karena Itu Kritik Saran Yang Membangun Dari Berbagai Pihak Sangat Penulis Harapkan.”

Bompa, T. O., & Haff, G. G. (2019). Periodization: Theory and Methodology of Training. Human Kinetics Journals, 51(4). https://doi.org/doi.org/10.1249/01.mss.0000554581.71065.23

Cahyati, I. K., & Adelia2, M. (2024). Kepemimpinan dan Budaya Organisasi: Kunci Optimalisasi Kinerja di Tempat Kerja. Indonesian Journal of Public Administration Review, 1(3), 1–14.

Dewi, I. S., & Broto, D. P. (2019). Pengembangan Tes Keterampilan Pukulan Jarak Jauh Woodball Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(2), 50–61.

Dewi, Putu Citra Permana. (2015). “Identifikasi Keterampilan Pukulan Olahraga Woodball.” 2

Dewi, Putu Citra Permana, and Sukadiyanto Sukadiyanto. (2015). “Pengembangan Tes Keterampilan Olahraga Woodball Untuk Pemula.” Jurnal Keolahragaan 3(2):228–40.

Gómez, Germán Darío Isaza, Esnel González Hernández, Ricardo Rengifo Cruz, and Luis Fernando González Arango. (2019). “Programas de Formación Superior En El Campo de La Educación Física, El Deporte y Áreas Afines En Cuatro Países de América Latina. Perfiles Profesionales y Desafíos.” Latinoamericana de Estudios Educativos 15(1):111–29.

Hanson, B. (2023). 7 Reason Coach Performance Review Are Vital. Athlete Assesments.

Hasibuan, J. V. A., Manalu, A. D. B., Octova, Tampubolon, W. S., & Nurkadri, N. (2024). Pendidikan Sosiologi Olahraga Pembentukan Karakter dalam Perspektif Sosial. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 1858-1866.

Hasyim. (2019). Dasar-Dasar Ilmu Kepelatihan (Cetakan Pertama). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hasyim, & Saharullah. (2022). METODOLOGI KEPELATIHAN OLAHRAGA (N. A. Idrus, ed.). Badan Penerbit UNM.

Iragraha, S. M. F., & Setijono, H. (2019). Peran Media Massa dan Wanita dalam Olahraga Woodball.

Kriswanto, Erwin Setyo. (2016). “Trend Olahraga Masa Kini Woodball Olah Raga Ala Golf.” Yogyakarta: Pustaka Baru.

Maydiantoro, Albet. (2021). “Model-Model Penelitian Pengembangan."

O’Boyle, I. (2014). Determining Best Practice in Performance Monitoring and Evaluation of Sport Coaches: Lessons from the Traditional Business Environment. International Journal of Sports Science & Coaching, 9, 233–246.

Prisca Widiawati, Yunus, M., Puriastuti, A. C., Muhammad Putra Ramadhan, Purwadi, D. A., & Erdilanita, U. (2024). Penguatan Pendekatan Ilmu Kesehatan Olahraga pada Alumni Pendidikan Kepelatihan Olahraga. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 5(1), 60–69. https://doi.org/10.22219/janayu.v5i1.27911

Purbaningrum, Ajeng, and Fifit Yeti Wulandari. (2021). “Peran Pelatih Dalam Membentuk Karakter Atlet Atletik TPC-t Kota Kediri Untuk Menunjang Prestasi.” Jurnal Prestasi Olahraga 4(9):151–57.

Putri, Mega Widya. (2018). “Pengembangan olahraga woodball di Provinsi Jawa Tengah.” Journal Power Of Sports 1(1):40. doi: 10.25273/jpos.v1i1.1869.

Rahmanta, Pramudita Ardi, Andry Akhiruyanto, and Tri Rustiadi. (2021). “Survei Pembinaan Klub Sepakbola PS. AD Kota Semarang.” Indonesian Journal for Physical Education and Sport 2(1):250-â.

Setiawan, Donny, and Ines Monica Soraya. (2020). “Hubungan Kesehatan Mental, Minat Belajar, Dan Kompetensi Mengajar Terhadap Hasil Belajar Olahraga Senam.” Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI) 1(1):1–7Kota Semarang.” Indonesian Journal for Physical Education and Sport 2(1):250-â.

Sugiani, Nuni. 2017. “Peran Kualitas Pelatih Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Atlet Tenis Meja.” Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana 2(2):131–38.

Published
2024-09-11
How to Cite
Salsabilla Navia Eka Putri, Kurniati Rahayuni, Prisca Widiawati, Imam Hariadi, & RoesdiyantoR. (2024). Pengembangan Formulir Penilaian Kinerja Pelatih pada Cabang Olahraga Woodball. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(2), 160-169. https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i2.4055