PENINGKATAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMPN 3 SUKAWATI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil pembelajaran passing atas siswa kelas VIII SMPN 3 Sukawati dalam permainan bola voli dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tournaments Games Tipe Teams pada tahun akademik 2022/2023. Penelitian ini adalah tindakan kelas. Ada lima tahap: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi, dan Penilaian. Siswa yang terdaftar di kelas VIII SMPN 3 Sukawati pada tahun pelajaran 2022/2023 adalah subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe turnamen permainan tim pada Kelas VIII SMPN 3 Sukawati meningkatkan hasil belajar passing atas dalam permainan bola voli, ini ditunjukkan oleh fakta bahwa selama penelitian siklus I, 16 siswa mencapai nilai KKM sebesar 53%, dan ketika penelitian siklus II dilakukan, 24 siswa mencapai nilai KKM sebesar 80%.
References
Adang Suherman. (2019). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jasmani. UPI.
Aef, & Etor. (2018). Metode Latihan dan Pembelajaran Bolavoli Untuk Umum. IKAPI.
Afandi, A., & Susanto, R. (2021). Penerapan Media Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Perkembangan Motorik. Jurnal Porkes, 4(1), 50–54.
Beatrix M. Buratehi. (2023). Meningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bola Besar dengan Gerakan Bermain Sepak Bola dan Bola Voli Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 Kota Sorong. Jurnal Pendidikan, 11(1), 110–119.
Handayani, A. S. (2014). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVICE DALAM PERMAINAN BOLA VOLLY DENGAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII-H SMP NEGERI 1 WONOASRI. Premiere Educandum, 4(2), 170–182.
Indrastuti, W., Utaya, A., & Irawan, E. B. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal Pendidikan, 2(8), 1037–1042.
Kurniasih. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Nugroho. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Team Games Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bolavoli Di Kelas VIII SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 161–165.
Qodri, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Dalam Pemaianan Bolavoli Melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Roisuddin, A., Sudarso, Supriadi, J., & Sunanto, D. (2023). Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Komponen Kecepatan dan Kelincahan Melalui Permainan Pada Siswa kelas XI IPA 5. UMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga), 3(2), 139–152.
Saleh, A. A. M. (2021). Peran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di MTs Negeri Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman (AlManam), 1(1), 1–12.
Saputra, G. Y., & Agus, R. M. (2021). Minat Siswa Kelas VII Dan VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan SMP Negeri 15 Mesuji. Journal Of Physical Education, 2(1), 17–25.
Septi Sistiasih, V., & Reza Pradana, S. (2022). Penerapan Metode Lempar Tangkap Bola Untuk Meningkatkan Hasil Passing Atas Bola Voli. Jurnal Porkes, 5(2), 571–580.
Sugiyono. (2017). Metode KuantitatiSugiyono. (2017). Metode Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 13–19).f. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.