PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA 6-8 TAHUN MELALUI PENDIDIKAN JASMANI

  • Dinda Arisetya Purwadi Universitas Negeri Malang
Keywords: Karakter, Anak Usia Dini, Pendidikan jasmani

Abstract

Masalah moralitas selalu menjadi perdebatan di bidang pendidikan. Hal ini dengan alasan bahwa sekolah pada umumnya hanya akan menumbuhkan pembelajaran tanpa menitikberatkan pada karakter. Khususnya dalam karakter anak, mereka harus lebih dekat dalam penumbuhan pengalaman informatif di sekolah, salah satunya dalam pembelajaran pendidikan jasmani.  Oleh karena itu, kajian penelitian ini bertujuan untuk melakukan literature review dalam penguatan kepribadian anak usia dini melalui pendidikan jasmani. Dengan memanfaatkan database google scholar. Menggunakan kata kunci pada google scholar “penguatan karakter” dan “pendidikan jasmani”. Artikel yang dianalisis terbit sejak tahun 2018 sampai dengan 2022, menggunakan kriteria inklusi sebagai berikut: jurnal nasional maupun internasional, artikel minimal 5 tahun terakhir, populasi/sampel/subjek penelitian adalah anak usia 6-8 tahun. Artikel yang dikaji berjumlah 14 artikel dari jurnal Internasional dan nasional. Kesimpulan dari 14 artikel yang di review menunjukkan bahwa pengembangan karakter akan diselesaikan dengan penyesuaian yang dilakukan dalam pendidikan jasmani dimana mampu membentengi karakter jujur, sikap sportif, disiplin, dan lain-lain.

References

A’la, M. (2019). Penguatan Karakter Toleransi Melalui Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pjok Di Sekolah Dasar. 10, 130–145.

Abduljabar, B. (2014). Memperkokoh Pendidikan Karakter Melalui Mediasi Aktivitas Jasmani Berbasis Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 121576. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2180

Abedalbasit mobarak. (2013). Obstacles Face Physical Education at Schools in Al Madenah Al Munawarah - KSA. 9(13), 284–300.

Adi, S. (2019). The Formation of Student Character through the Active Role of Physical Education Teachers as a Role Model. 7(Icssh 2018), 75–79. https://doi.org/10.2991/icssh-18.2019.18

Akhmad Aji Pradana. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. 3(1), 78–93.

Ali Maksum. (2009). Konstruksi Nilai Melalui Pendidikan Olahraga.

Ardiyanto, A. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Wujud Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. 4, 173–176.

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik.

Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., & Pickup, I. (2009). The Educational Benefits Claimed For Physical Education And School Sport: An Academic Review. 1522. https://doi.org/10.1080/02671520701809817

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. VI.

Bruce D. Hale. (1992). A Developmental-Educational Intervention Model of Sport Psychology.

Brunsdon, J. J., & Walker, D. I. (2021). Cultivating Character Through Physical Education Using Memetic , Progressive and Transformative Practices in Schools. Journal of Moral Education, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1894105

Cerika Rismayanthi. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. 8(April).

Coe, D. P., Pivarnik, J. M., Womack, C. J., Reeves, M. J., & Malina, R. M. (2006). Effect of Physical Education and Activity Levels on Academic Achievement in Children. 1515–1519. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000227537.13175.1b

Dhedhy Yuliawan. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. 2(1), 101–112.

Engga, Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2017). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Tunas Bangsa Bonti Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. 2, 426–436.

Fahmi, R. (2007). Building Character Strengthening the Heart of Good Leadership.

Fraser-thomas, J. L., Côté, J., Deakin, J., Deakin, J., Fraser-thomas, J. L., & Co, Ã. J. (2007). Youth Sport Programs: An Avenue To Foster Positive Youth Development. 8989. https://doi.org/10.1080/1740898042000334890

Gabbard, C. (2013). Early Childhood Physical Education. February 2015, 37–41. https://doi.org/10.1080/07303084.1988.10606255

Goudas, M. (2008). A Team Sports Based Life Skills Program In A Physical Education Context. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.11.002

Gould, D., & Carson, S. (2008). Life skills development through sport: current status and future directions. International Review of Sport and Exercise Psychology, 1(1), 58–78. https://doi.org/10.1080/17509840701834573

Haerani Nur. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. 87–94.

Hariadi. (2014). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahragapada Pendidikan Anak Usia Dini. 13–26.

Hendra Setyawan. (2021). Physical Education In Primary Schools As An Effective Means In The Implementation Of Character And Learning With 21st Century Skills.

Herdiyana, A., & Gregorius Pito Wahyu Prakoso. (2001). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik. 77–85.

Hidaya, N. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa Info Artikel Keyword Kata Kunci Abstrak.

Huang, M., Tu, H., Wang, W., Chen, J., Yu, Y., & Chou, C. (2017). Effects Of Cooperative Learning And Concept Mapping Intervention On Critical Thinking And Basketball Skills In Elementary School. Thinking Skills and Creativity, 23(101), 207–216. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.01.002

Irman. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. 04(2), 89–96.

Jacobs, J. (2018). Transfer of Life Skills in Sport-Based Youth Development Programs : A Conceptual Framework Bridging Learning to Application Transfer of Life Skills in Sport-Based Youth Development. Quest, 00(00), 1–19. https://doi.org/10.1080/00336297.2017.1348304

Julia, & Supriyadi, T. (2018). The Implementation of Character Education at Senior High School. SHS Web of Conferences, 42, 00085. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200085

Leitner, P., Khalil, M., & Ebner, M. (2017). Learning Analytics in Higher Education — A Literature Review Higher education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-52977-6

Lu, C., & Buchanan, A. (2014). Developing Students’ Emotional Well-being in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 85(4), 28–33. https://doi.org/10.1080/07303084.2014.884433

Maksum, A. (2017a). Kualitas Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah: Antara Harapan dan Kenyataan. Universitas Negeri Surabaya, August 2008, 1–32.

Maksum, A. (2017b). Riset Karakter dalam Pendidikan Jasmani. Seminar Nasional: Implementasi Nilai-Nilai Luhur Olahraga Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Jasmani, November, 1–11.

Martinek, T. J., & Hellison, D. R. (2012). Fostering Resiliency in Underserved Youth Through Physical Activity. March 2015, 34–49. https://doi.org/10.1080/00336297.1997.10484222

Michael, C., Anne, K., Lechner, M., & Reimers, A. K. (2018). For Better or Worse? The Effects of Physical Education on Child Development.

Nations, U. (2013). World-wide Survey of School Physical Education.

Opstoel, K., Chapelle, L., Prins, F. J., Tartwijk, J. Van, & Martelaer, K. De. (2020). Personal and Social Development in Physical Education and Sports : A Review Study. 26(4), 797–813. https://doi.org/10.1177/1356336X19882054

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. 110–116.

Pan, Y. (2018). Teaching Responsibility Through Physical Education : Research and Applications in Taiwan. 34(1), 63–69.

Penney, D., & Jess, M. (2010). Physical Education and Physically Active Lives: a Lifelong Approach to Curriculum Development. 3322. https://doi.org/10.1080/1357332042000233985

Pradika Wahyu Romadhon. (2018). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional di SDN Jagamangsan 2 Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman.

Rahmad Rafid. (2018). Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Karakter Generasi Milenial. 2(7), 711–718.

Ramadhani, A. (2018). Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional. 6–10.

Robert Weinberg. (2015). Foundations of Sport and Exercise Psychology.

Sri Winarni. (2011). Pengembangan Karakter dalam Olahraga dan Pendidikan Jasmani. 124–139.

Street, M., Miller, S. C., Bredemeier, B. J. L., & Shields, D. L. L. (2012). Sociomoral Education Through Physical Education With At- Risk Children. March 2015, 114–129. https://doi.org/10.1080/00336297.1997.10484227

Suherman, A. (2018). The Implementation Of Character Education Values In Integrated Physical Education Subject In Elementary School. SHS Web of Conferences, 42, 00045. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200045

Supriyadi, T., & Julia, J. (2019). The problem of students in reading the Quran: A reflective-critical treatment through action research. International Journal of Instruction, 12(1), 311–326. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12121a

Susiana, R., Pradana, D., & Pasha Erik Juntara. (2019). Transformasi Nilai Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Karakter Siswa Abad 21. 192–200.

Suyitno, & Setiawan, F. B. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kecamatan Depok. 13(01), 13–22.

Taufik, A., Subarjah, H., Supriyadi, T., & Fauzi, R. A. (2018). Pengaruh Kegiatan Pembelajaran Outdoor Education Terhadap Sikap Kemandirian Siswa Dalam Pendidikan Jasmani. 171–180.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. 8(April), 1–9.

Valero-valenzuela, A., Gabriel, L., Moreno-murcia, J. A., & Manzano-s, D. (2019). From Students ’ Personal and Social Responsibility to Autonomy in Physical Education Classes. 1–10.

Weinberg, R., & Daniel Gould. (2016). Foundations of Sport and Exercise Psychology.

Yudha Febrianta. (2018). Alternatif Menanamkan Karakter Percaya Diri Melalui Pembelajaran Aktivitas Ritmik. 281–289.

Yuliawan, D. (2020). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 2(1), 274–282.

Published
2022-05-25
How to Cite
Dinda Arisetya Purwadi. (2022). PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA 6-8 TAHUN MELALUI PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(1), 26-37. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i1.1573