PENGUATAN KARAKTER ANAK USIA 6-8 TAHUN MELALUI PENDIDIKAN JASMANI
Abstract
Masalah moralitas selalu menjadi perdebatan di bidang pendidikan. Hal ini dengan alasan bahwa sekolah pada umumnya hanya akan menumbuhkan pembelajaran tanpa menitikberatkan pada karakter. Khususnya dalam karakter anak, mereka harus lebih dekat dalam penumbuhan pengalaman informatif di sekolah, salah satunya dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Oleh karena itu, kajian penelitian ini bertujuan untuk melakukan literature review dalam penguatan kepribadian anak usia dini melalui pendidikan jasmani. Dengan memanfaatkan database google scholar. Menggunakan kata kunci pada google scholar “penguatan karakter” dan “pendidikan jasmani”. Artikel yang dianalisis terbit sejak tahun 2018 sampai dengan 2022, menggunakan kriteria inklusi sebagai berikut: jurnal nasional maupun internasional, artikel minimal 5 tahun terakhir, populasi/sampel/subjek penelitian adalah anak usia 6-8 tahun. Artikel yang dikaji berjumlah 14 artikel dari jurnal Internasional dan nasional. Kesimpulan dari 14 artikel yang di review menunjukkan bahwa pengembangan karakter akan diselesaikan dengan penyesuaian yang dilakukan dalam pendidikan jasmani dimana mampu membentengi karakter jujur, sikap sportif, disiplin, dan lain-lain.
References
A’la, M. (2019). Penguatan Karakter Toleransi Melalui Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pjok Di Sekolah Dasar. 10, 130–145.
Abduljabar, B. (2014). Memperkokoh Pendidikan Karakter Melalui Mediasi Aktivitas Jasmani Berbasis Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2, 121576. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2180
Abedalbasit mobarak. (2013). Obstacles Face Physical Education at Schools in Al Madenah Al Munawarah - KSA. 9(13), 284–300.
Adi, S. (2019). The Formation of Student Character through the Active Role of Physical Education Teachers as a Role Model. 7(Icssh 2018), 75–79. https://doi.org/10.2991/icssh-18.2019.18
Akhmad Aji Pradana. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. 3(1), 78–93.
Ali Maksum. (2009). Konstruksi Nilai Melalui Pendidikan Olahraga.
Ardiyanto, A. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Wujud Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. 4, 173–176.
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik.
Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., Pickup, I., Bailey, R., Armour, K., Kirk, D., Jess, M., & Pickup, I. (2009). The Educational Benefits Claimed For Physical Education And School Sport: An Academic Review. 1522. https://doi.org/10.1080/02671520701809817
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. VI.
Bruce D. Hale. (1992). A Developmental-Educational Intervention Model of Sport Psychology.
Brunsdon, J. J., & Walker, D. I. (2021). Cultivating Character Through Physical Education Using Memetic , Progressive and Transformative Practices in Schools. Journal of Moral Education, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/03057240.2021.1894105
Cerika Rismayanthi. (2011). Optimalisasi Pembentukan Karakter dan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. 8(April).
Coe, D. P., Pivarnik, J. M., Womack, C. J., Reeves, M. J., & Malina, R. M. (2006). Effect of Physical Education and Activity Levels on Academic Achievement in Children. 1515–1519. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000227537.13175.1b
Dhedhy Yuliawan. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. 2(1), 101–112.
Engga, Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2017). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun) Di Tk Tunas Bangsa Bonti Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. 2, 426–436.
Fahmi, R. (2007). Building Character Strengthening the Heart of Good Leadership.
Fraser-thomas, J. L., Côté, J., Deakin, J., Deakin, J., Fraser-thomas, J. L., & Co, Ã. J. (2007). Youth Sport Programs: An Avenue To Foster Positive Youth Development. 8989. https://doi.org/10.1080/1740898042000334890
Gabbard, C. (2013). Early Childhood Physical Education. February 2015, 37–41. https://doi.org/10.1080/07303084.1988.10606255
Goudas, M. (2008). A Team Sports Based Life Skills Program In A Physical Education Context. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.11.002
Gould, D., & Carson, S. (2008). Life skills development through sport: current status and future directions. International Review of Sport and Exercise Psychology, 1(1), 58–78. https://doi.org/10.1080/17509840701834573
Haerani Nur. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. 87–94.
Hariadi. (2014). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahragapada Pendidikan Anak Usia Dini. 13–26.
Hendra Setyawan. (2021). Physical Education In Primary Schools As An Effective Means In The Implementation Of Character And Learning With 21st Century Skills.
Herdiyana, A., & Gregorius Pito Wahyu Prakoso. (2001). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik. 77–85.
Hidaya, N. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa Info Artikel Keyword Kata Kunci Abstrak.
Huang, M., Tu, H., Wang, W., Chen, J., Yu, Y., & Chou, C. (2017). Effects Of Cooperative Learning And Concept Mapping Intervention On Critical Thinking And Basketball Skills In Elementary School. Thinking Skills and Creativity, 23(101), 207–216. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.01.002
Irman. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. 04(2), 89–96.
Jacobs, J. (2018). Transfer of Life Skills in Sport-Based Youth Development Programs : A Conceptual Framework Bridging Learning to Application Transfer of Life Skills in Sport-Based Youth Development. Quest, 00(00), 1–19. https://doi.org/10.1080/00336297.2017.1348304
Julia, & Supriyadi, T. (2018). The Implementation of Character Education at Senior High School. SHS Web of Conferences, 42, 00085. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200085
Leitner, P., Khalil, M., & Ebner, M. (2017). Learning Analytics in Higher Education — A Literature Review Higher education. https://doi.org/10.1007/978-3-319-52977-6
Lu, C., & Buchanan, A. (2014). Developing Students’ Emotional Well-being in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 85(4), 28–33. https://doi.org/10.1080/07303084.2014.884433
Maksum, A. (2017a). Kualitas Guru Pendidikan Jasmani di Sekolah: Antara Harapan dan Kenyataan. Universitas Negeri Surabaya, August 2008, 1–32.
Maksum, A. (2017b). Riset Karakter dalam Pendidikan Jasmani. Seminar Nasional: Implementasi Nilai-Nilai Luhur Olahraga Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Jasmani, November, 1–11.
Martinek, T. J., & Hellison, D. R. (2012). Fostering Resiliency in Underserved Youth Through Physical Activity. March 2015, 34–49. https://doi.org/10.1080/00336297.1997.10484222
Michael, C., Anne, K., Lechner, M., & Reimers, A. K. (2018). For Better or Worse? The Effects of Physical Education on Child Development.
Nations, U. (2013). World-wide Survey of School Physical Education.
Opstoel, K., Chapelle, L., Prins, F. J., Tartwijk, J. Van, & Martelaer, K. De. (2020). Personal and Social Development in Physical Education and Sports : A Review Study. 26(4), 797–813. https://doi.org/10.1177/1356336X19882054
Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. 110–116.
Pan, Y. (2018). Teaching Responsibility Through Physical Education : Research and Applications in Taiwan. 34(1), 63–69.
Penney, D., & Jess, M. (2010). Physical Education and Physically Active Lives: a Lifelong Approach to Curriculum Development. 3322. https://doi.org/10.1080/1357332042000233985
Pradika Wahyu Romadhon. (2018). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas III dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional di SDN Jagamangsan 2 Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman.
Rahmad Rafid. (2018). Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Karakter Generasi Milenial. 2(7), 711–718.
Ramadhani, A. (2018). Identifikasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Permainan Anak Tradisional. 6–10.
Robert Weinberg. (2015). Foundations of Sport and Exercise Psychology.
Sri Winarni. (2011). Pengembangan Karakter dalam Olahraga dan Pendidikan Jasmani. 124–139.
Street, M., Miller, S. C., Bredemeier, B. J. L., & Shields, D. L. L. (2012). Sociomoral Education Through Physical Education With At- Risk Children. March 2015, 114–129. https://doi.org/10.1080/00336297.1997.10484227
Suherman, A. (2018). The Implementation Of Character Education Values In Integrated Physical Education Subject In Elementary School. SHS Web of Conferences, 42, 00045. https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200045
Supriyadi, T., & Julia, J. (2019). The problem of students in reading the Quran: A reflective-critical treatment through action research. International Journal of Instruction, 12(1), 311–326. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12121a
Susiana, R., Pradana, D., & Pasha Erik Juntara. (2019). Transformasi Nilai Melalui Pembelajaran Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Karakter Siswa Abad 21. 192–200.
Suyitno, & Setiawan, F. B. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Permainan Tradisional di Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kecamatan Depok. 13(01), 13–22.
Taufik, A., Subarjah, H., Supriyadi, T., & Fauzi, R. A. (2018). Pengaruh Kegiatan Pembelajaran Outdoor Education Terhadap Sikap Kemandirian Siswa Dalam Pendidikan Jasmani. 171–180.
Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. 8(April), 1–9.
Valero-valenzuela, A., Gabriel, L., Moreno-murcia, J. A., & Manzano-s, D. (2019). From Students ’ Personal and Social Responsibility to Autonomy in Physical Education Classes. 1–10.
Weinberg, R., & Daniel Gould. (2016). Foundations of Sport and Exercise Psychology.
Yudha Febrianta. (2018). Alternatif Menanamkan Karakter Percaya Diri Melalui Pembelajaran Aktivitas Ritmik. 281–289.
Yuliawan, D. (2020). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 2(1), 274–282.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.