PEMAHAMAN PERATURAN FOUL AND VIOLATION WASIT BOLA BASKET UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Abstract
Bola basket merupakan olahraga populer dikalangan masyarakat baik tingkat sekolah sampai tingkat umum, setiap pertandingannya pasti memiliki peraturan yang berlaku didalamnya agar permainan bola basket bisa berjalan sebaik mungkin. Peraturan bola basket memiliki macam nama seperti kata Foul dan Violation. Foul sendiri merupakan pelanggaran yang terjadi melibatkan lawan seperti Holding, Push, charging, blocking dan untuk violation sendiri merupakan kesalahan yang dibuat oleh diri sendiri untuk tim yang menyerang seperti Travelling, dribble, 3 second, 8 second, dan 24 second. Peraturan yang dibuat sudah dijelaskan dalam peraturan resmi bola basket. Wasit dilapangan tidak jarang mendapatkan protes yang berlebih dari pemain, official bahkan penonton yang anarkis. Jadi kinerja wasit dapat dinilai saat mereka memimpin pertandingan dilapanagan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui seberapa pemahaman wasit terkait peraturan resmi bola basket Foul dan Violation dan untuk melakukan survey ini peneliti menggunakan penelitian non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan hasil persentase, serta dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri dengan jumlah 30 orang. Dan sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah diuraikan pada bab IV, maka dapat disimpulkan sebagai berikut tingkat pemahaman Foul dan Violation wasit Bola Basket Universitas Nusantara PGRI Kediri Untuk kategori sangat baik sebanyak 1 orang dengan persentase 7%, kategori baik sebanyak 12 orang dengan persentase 84%, untuk kategori cukup baik sebanyak 2 orang dengan persentase 13%, dan untuk kategori kurang dan sangat kurang sebanyak 0%.
References
Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Dewangga, R. F. (2019). Pemahaman Peraturan Fouls Permainan Bola Basket melalui aplikasi Jagel.id pada Tim Putra Bola Basket. Universitas Negeri Surabaya
FIBA. (2020). Terjemahan PP PERBASI Peraturan Resmi Permainan Bola Basket.
Lasapa, G. (2015). Tingkat Kepuasan Pemain Terhadap Kinerja Wasit pada PORDA Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitihan Dalam Olahraga. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Mareta, R.F. (2019). Survey Tingkat Pemahama Zero Step dalam Treavelling Rulez 2017 Wasit PERBASI Nusa Tenggara barat tahun 2019. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
Margono. 2010. Metodologi Penelitian pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Muhyi. (2009). Peningkatan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan Bola Basket. Surabaya:PT Gramedia Widia sarana Indonesia.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Hasil Belajar
Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rindawan, Salabi, & Fibrianti, B. S. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Foul Peraturan Bola Basket FIBA Rule 2018 Pada Club Bola Basket Se-Lombok Tengah Tahun 2020. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 1(1), 95–110.
Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wiarto, G. (2015). Olahraga dalam Perspektif Sosial, Politik, Ekonomi, IPTEK dan Hiburan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yuliana. (2019). Survey Tingkat Pemahaman Travelling Violation Peraturan Bola Basket Fiba Rulezz 2017 pada Ekstrakulikuler Basket Putra se-Lombok Tengah. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram
Copyright (c) 2021 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.