STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Learning Start with a Question terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII F SMP Muhammadiyah 2 Surabaya yang berturut-turut sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 22 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan instrumen berupa RPP, LKS, soal pretest/posttest, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Data hasil penelitian diolah dengan uji t dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi Learning Start with a Question berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa; (2) aktivitas siswa dominan pada “menyimak dan mampu menyebutkan kembali materi yang telah disampaikan” dengan persentase 50,5%; (3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi Learning Start with a Question menunjukkan respon positif.
References
Afrida, A. N., & Handayani, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas XI Melalui Model ARIAS. PRISMA, 1(1), 33-39.
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Handayani, D. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas VIII MTs. S Al-Washliyah Tahun Ajaran 2016-2017. Sumatra utara: Universitas Islam Negri Sumatra Utara.
Haryadi, D. N., & Nurhayati, S. (2015). Penerapan Model Learning Start with a Question Berpendekatan ICARE pada Hasil belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1528-1537.
Holisin, I. (2019, Juni). Pengembangan Model Pembelajaran OSCAR untuk Melatih Penalaran Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 1-10.
Noor, I. (2010). Ke Arah Pendidikan Nilai yang Efektif, Evaluasi dan Memperkuat Dimensi Pendidikan Nilai. Dinamika Ilmu: Journal of Education, 10(2), 1-9.
OCED. (2019). PISA 2018 Result (Volume I, II & III): Combined Executive Summaries. Paris: OECD Publishing.
Oktafiana, L., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2019). Analisis Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Tingkat SMP. JP3M: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 112-129.
Susanti, E. (2008). Upaya Peningkatan Respon Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(1), 1-13.
Wahyuni, D. S. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Dengan Media Paper Circle. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.