ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DA-LAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP

  • Evi Widayanti
  • Sukma Ana Anggraeni STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
Keywords: Aritmetika Sosial, Kemampuan Komunikasi Matematis, Open Ended.

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal open ended yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur, menganalisis, dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ada 36 siswa kelas VII-H di SMPN 28 Surabaya dan diambil 6 siswa dari kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Tes berupa soal open-ended materi aritmetika sosial. Wawancara untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis secara lisan menggunakan wawancara semi terstruktur. Subjek dianalisis berdasarkan 3 indikator yaitu: 1) menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika (IDK 1), 2) menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik, secara lisan dan tulisan dengan benda nyata, gambar, grafik dan aljabar (IDK 2), dan 3) menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematis dan strategi yang dipakai orang lain (IDK 3).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi aritmetika sosial kelas VII SMP dapat dikatakan baik, karena (1) siswa pada kategori tinggi mampu mencapai Indikator 1 (IDK 1), IDK 2, dan IDK 3, (2) siswa pada kategori sedang mampu mencapai IDK 1 dan IDK 2, tetapi kurang mampu pada IDK 3, dan (3) siswa pada kategori rendah mampu mencapai IDK 1, kurang mampu pada IDK 2, dan belum mampu pada IDK 3.

Author Biography

Sukma Ana Anggraeni, STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya

Pendidikan Matematika

References

Elida, Nunun. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW)â€. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi. Bandung, Vol 1, No.2, September 2012. hal. 178-185.

Herdian. 2010. Kemampuan Komunikasi Matematika. (Online). https://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-komunikasi-matematis/. Diakses: 2 Pebruari 2019.

Herdiman, Indi. 2017. “Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa SMPâ€. STKIP Siliwangi Bandung, Cimahi. JES-MAT, Vol. 3 No.2 September 2017: ISSN 2460-8904. Hal. 195-204.

Hodiyanto. 2017. “Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematikaâ€. AdMathEdu | Vol.7 No.1 | Juni 2017. hal. 9-18.

National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. NCTM: Reston VA.

Ruslan, A.S, Santoso, B. 2013. “Pengaruh Pemberian Soal Open-EndedTerhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswaâ€. Jurnal Kreano. ISSN : 2086-2334. Diterbitkan oleh Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Volume 4 Nomor 2 Bulan Desember Tahun 2013. hal. 138-150.

Sroyer, Agustinus. 2013. “Pendekatan Open-Ended (Masalah, Pertanyaan dan Evaluasi) dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 2, Oktober 2013 : ISSN 2089- 855. Hal. 29-37.

Subekti, Fitrianto Eko; Untarti, Reni; Muhammad, Alim. 2016. “Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistik Pendidikanâ€. Prodi Pendidikan Matematika Unswagati Cirebon. Jurnal Euclid: ISSSN 2355-1712, vol. 2, No.2, pp.263-274.

Umar, Wahid. 2012. “Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematikaâ€. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi. Bandung, Vol 1, No.1, Februari 2012.

Wijayanto, Agus Dwi; Fajriyah, Siti Nurul; Anita, Ika Wahyu. 2018. “Analisis Ke-mampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Se-giempatâ€. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2, No. 1, Mei 2018, pp. 97-104. E-ISSN : 2579-9258 P-ISSN : 2614-3038.

Yusuf, Mariska; Zulkardi; Saleh, Trimurti. 2009. “Pengembangan Soal Soal Open-Ended Pada Pokok Bahasan Segitiga dan Segiempat Di SMPâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3. No. 2 Desember 2009. hal. 47-56.

Published
2019-12-26
How to Cite
WidayantiE., & AnggraeniS. A. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DA-LAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(02), 115-128. https://doi.org/10.36526/tr.v3i02.754

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'