PENGEMBANGAN BUKU AJAR STRUKTUR ALJABAR BERBASIS KONSTRUKSI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA

Authors

  • Zuhrotun Nazihah a:1:{s:5:"en_US";s:19:"STKIP PGRI Pasuruan";}
  • Dwi Nur Cahyo STKIP PGRI Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.36526/tr.v3i02.751

Keywords:

Pembelajaran berdasarkan Teori APOS, Aljabar Abstrak, Aktivitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengaktifkan mahasiswa melalui pembelajaran berdasarkan teori APOS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdasarkan teori APOS dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa. Hal ini didukung dengan hasil lembar observasi aktivitas mahasiswa mencapai persentase nilai rata-rata pengamatan (SR) sebesar 75% dan 85 %, persentase ini dalam kriteria yang baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdasarkan teori APOS dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa.

References

Arnawa, I. M. (2009). Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memvalidasi Bukti pada Aljabar Abstrak melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS I Made Arnawa. Jurnal Matematika Dan Sains, Volume 14.

Crawford, M. L. (2001). Teaching Contextually in Mathematics and Science. Texas: CCI Publishing, Inc.

Fisher, D., Frey, N., & Lapp, D. (2012). Building and Activating Students’ Background Knowledge : It ’ s What They Already Know That Counts. (January), 22–32.

Mcgraw, R. H. (2002). Facilitating Whole-Class Discussion in Secondary Mathematics Classrooms.

Nazihah, Z. (2017). STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN HOMOMORFISMA GRUP BAGI MAHASISWA. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 4 (1), 101, 101–112.

Tziritas, M., & Tziritas, M. (2011). No Title. Concordia University.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Downloads

Published

2019-12-26

How to Cite

Nazihah, Z., & Cahyo, D. N. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR STRUKTUR ALJABAR BERBASIS KONSTRUKSI KONSEP UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN MAHASISWA. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(02), 107–113. https://doi.org/10.36526/tr.v3i02.751