PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS X IIS 3 SMAN 1 NGADILUWIH

  • Laitali Mala Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
  • Fanda R.P. Latif Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
  • Hilyatu Zahro’ Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
  • Linta F. Muftikah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Macromedia Flash melalui model pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar siswa kelas X-IIS 3 pada materi fungsi komposisi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelitian kuantitatif dengan eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ngadiluwih, Kediri tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel 1 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random sampling. Analisis data pada penelitian ini yang pertama adalah menggunakan uji normalitas. Setelah data dinyatakan berdistribusi normal uji selanjutnya adalah uji homogenitas. Uji yang terakhir adalah uji t dua sampel berpasangan, dengan taraf signifikasi sebesar 0,05. Dari hasil uji tersebut diperoleh t = -4,324, dengan df = 28 dan angka sig. atau p-value = 0,000 < 0,05 atau   ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar fungsi komposisi siswa antara sebelum dan sesudah diberi Macromedia Flash. Sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan Macromedia Flash melalui model Realistic Mathematic Education terhadap hasil belajar siswa kelas X-IIS 3 SMAN 1 Ngadiluwih Kediri pada materi fungsi komposisi.

References

Hudzaifah. (2006). Pembelajaran Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Melalui Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA, 397–403.

Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh Model Pembalajaran Langsung. Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu, X(1), 1–10.

Segitiga, S. D. A. N. (2018). Korelasi Kecerdasan Numerik dan Pemahaman Konseptual Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat dan Segitiga, 3, 3–6.

Published
2019-07-29
How to Cite
MalaL., LatifF. R., Zahro’H., & MuftikahL. F. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI KELAS X IIS 3 SMAN 1 NGADILUWIH. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 27-34. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.396