PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK GARIS DAN SUDUT SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 1 SARONGGI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Abstract
Mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sangat ditakuti oleh anak didik yang sulit memahami pelajaran tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas di kelas VII-C semester 2 tahun pelajaran 2016/2017 SMP Negeri 1 Saronggi. Pelaksanaan penelitian pada bulan April 2017 dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 25 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan modal pembelajaran Model Siklus Belajar (Learning Cycle) dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar Matematika, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran Model Siklus Belajar (Learning Cycle) terhadap peningkatan kualitas hasil belajar siswa.