PERBEDAAN PEMBELAJARAN MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MELALUI BUKU TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN

  • Nur Farida Prodi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Kanjuruhan Malang
  • Rosita Dwi Ferdiani Prodi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Pada pembelajaran matematika terdapat beberapa materi yang dianggap sulit bagi siswa, diantaranya materi pecahan, khususnya materi mengurutkan pecahan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika yang rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah media pembelajaran dikelas yang masih kurang yaitu menggunakan buku teks saja. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar diharapkan mempermudah kemampuan siswa untuk memahami materi. Seiring berkembangnya teknologi informasi, pembelajaran matematika saat ini, khususnya pada materi mangurutkan pecahan, yaitu dengan memanfaatkan teknologi komputer untuk membuat dan mempresentasikan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah multimedia interaktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah perbedaan pembelajaran melalui multimedia interaktif dan melalui buku teks terhadap hasil hasil belajar siswa pada materi pecahan kelas IV, SDN Gadang 01 Malang, Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B, SDN Gadang 01 Malang. Instrumen penelitian yang digunakan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pembelajaran melalui multimedia interaktif dan melalui buku teks terhadap hasil belajar siswa, dimana hasil yang diperoleh pada kelas eksperimen memiliki mean 65,89 dengan standar deviasi 18,878 lebih besar daripada kelas kontrol yang memiliki mean 53,33 dengan standar deviasi 32,471. Hasil gain score menunjukkan selisih antara nilai pretest dan posttest didapatkan pada kelas eksperimen dengan hasil rata-rata gain score yaitu 0,7 yang masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil perhitungam uji t didapatkan t = 2,089; F = 15,285 dan signifikansi 2-tail 0,40/0,41 lebih kecil dari signifikansi 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dan buku teks terhadap hasil belajar siswa di SDN Gadang 01 Malang.

Published
2018-06-30
How to Cite
FaridaN., & FerdianiR. D. (2018). PERBEDAAN PEMBELAJARAN MELALUI MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MELALUI BUKU TEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 47-56. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/249