LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MODEL DISCOVERY LEARNING

  • Siti Nurjanah Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Pop Up Book pada Materi Kubus dan Balok Model Discovery Learning serta untuk mengetahui efektivitas LKS dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang telah dimodifikasi tanpa tahap penyebarluasan. Ujicoba dilaksanakan di SMPN 1 GIRI pada siswa kelas IX D yang berjumlah 34 orang. Hasil validasi dari ketiga validator menunjukkan bahwa LKS berkategori layak digunakan. Persentase penilaian kelayakan LKS oleh validator pertama sebesar 70%,validator  kedua  sebesar 84%, dan validator  ketiga  sebesar 96%. Hasil  angket  responden menunjukkan persentase sebesar 88,06%. Sementara analisis uji t pada hasil tes individu siswa menunjukkan  dengan  dan .  Hasil  tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis Pop Up Book pada materi kubus dan balok efektif untuk digunakan dalam materi kubus dan balok pada siswa kelas IX D SMPN 1 GIRI.

Published
2018-06-30
How to Cite
NurjanahS. (2018). LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MODEL DISCOVERY LEARNING. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 37-46. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/248