LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS POP UP BOOK PADA MATERI KUBUS DAN BALOK MODEL DISCOVERY LEARNING
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Pop Up Book pada Materi Kubus dan Balok Model Discovery Learning serta untuk mengetahui efektivitas LKS dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang telah dimodifikasi tanpa tahap penyebarluasan. Ujicoba dilaksanakan di SMPN 1 GIRI pada siswa kelas IX D yang berjumlah 34 orang. Hasil validasi dari ketiga validator menunjukkan bahwa LKS berkategori layak digunakan. Persentase penilaian kelayakan LKS oleh validator pertama sebesar 70%,validator kedua sebesar 84%, dan validator ketiga sebesar 96%. Hasil angket responden menunjukkan persentase sebesar 88,06%. Sementara analisis uji t pada hasil tes individu siswa menunjukkan dengan dan . Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis Pop Up Book pada materi kubus dan balok efektif untuk digunakan dalam materi kubus dan balok pada siswa kelas IX D SMPN 1 GIRI.