EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

  • Rani Nadziratul Hafidzah SMP SUNAN KALIJOGO, SRONO, BANYUWANGI

Abstract

Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu proses pembelajaran yang menekankan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam menemukan konsep pembelajaran dengan mengkaitkan pembelajaran tersebut pada hal-hal dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mendorong peserta didik untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode CTL terhadap ketuntasan belajar peserta didik. Penggunaan metode CTL dalam pembelajaran diharapkan dapat membawa pengaruh yang maksimal terhadap ketuntasan belajar (kognitif) peserta didik. Penelitian dilakukan secara kuantitatif. Penentuan responden menggunakan metode random sampling. Responden adalah 32 orang peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 1 Purwoharjo. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t satu variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan metode CTL efektif terhadap pencapaian ketuntasan belajar peserta didik pada pokok bahasan SPLDV di Kelas VIII H SMP Negeri 1 Purwoharjo. Hal ini ditunjukkan oleh nilai .

Published
2018-06-30
How to Cite
HafidzahR. N. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 12-22. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/246