ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI

  • Vinsensius Heri Pendidikan Matematika FKIP Universitas Tanjungpura
  • Dede Suratman Universitas Tanjungpura
  • Dian Ahmad BS Universitas Tanjungpura
  • Asep Nursangaji Universitas Tanjungpura
  • Dona Fitriawan Universitas Tanjungpura
Keywords: Analisis, Kesalahan, Fungsi

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kesalahan 26 orang peserta didik di kelas VIIIE SMP Negeri 11 Pontianak dalam menyelesaikan soal-soal fungsi. Kesalahan tersebut dianalisis berdasarkan tahapan Kastolan, serta mencari faktor yang memengaruhi peserta didik melakukan kesalahan tersebut internal maupun eksternal. Metode kualitatif deskriptif digunakan peneliti untuk menganalisis jawaban peserta didik guna mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan. Berdasarkan hasil analisis dari jawaban peserta didik dikelas VIIIE SMP Negeri 11 Pontianak, dapat disimpulkan bahwa kesalahan prosedural adalah yang banyak dilakukan oleh peserta didik dengan persentase kesalahan sebesar 32%. Kesalahan konseptual dan kesalahan teknikal juga ditemukan pada jawaban peserta didik dalam bentuk kesalahan penulisan simbol, kesalahan perhitungan, dan menuliskan jawaban yang tidak sesuai dengan perintah soal. Persentase kesalahan konseptual sebesar 3% dan kesalahan teknikal sebesar 15%. Berdasarkan hasil observasi pada saat pelaksanaan tes dan evaluasi jawaban peserta didik, dapat dikatakan bahwa data valid untuk dianalisis. Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik dan guru, faktor internal yang memengaruhi kesalahan tersebut diantaranya ketidakmampuan peserta didik memanipulasi langkah-langkah untuk menjawab suatu masalah, tidak menuliskan jawaban secara lengkap, dan tidak memahami materi fungsi. Faktor eksternal yang memengaruhi kesalahan tersebut diantaranya waktu pembelajaran yang minim, guru kurang siap dalam menghadapi perubahan zaman dan perkembangan teknologi.

References

Abdullah, S. (2014). Aplikasi Model Sosialisasi Inovasi Pembelajaran untuk Sosialisasi Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Edukasi Matematika, Vol. 1 , 1-6.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

As'ari, A. R. (2017). Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Azis, A. (2012). Menulis Lanjut. Garut: YAF.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nur, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan Soal Matematika di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara [Skripsi]. Sumatera: Universitas Islam negeri Sumatera Utara.

Paidi, P. (2016). Analisis Materi Esensial Sains SMP/MTs: Sebuah Contoh Langkah Taktis Guru Sains Menuju Sukses UAN. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, Vol. 12, No. 1 .

Salim, & Syahrum. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Satiti. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menentukan Akar-Akar Persamaan Kuadrat Melalui Tahapan Kastolan. Jurnal FKIP Pendidikan Matematika .

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharti, & Sukirman. (1995). Struktur Aljabar. Jakarta: Direktorat jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Susilo, M. J. (2006). Baya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: PINUS.

Tarigan, G. H. (2013). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
2022-12-31
How to Cite
Vinsensius Heri, SuratmanD., BSD. A., NursangajiA., & FitriawanD. (2022). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 133-142. https://doi.org/10.36526/tr.v6i2.2132